Pendidikan dan Pelatihan SPIP di Lingkungan KPU se-Provinsi Riau

Pekanbaru, 11 Juli 2011, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau diselenggarakan pembukaan diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan KPU se-Provinsi Riau. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia, Para Pejabat Struktural pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Muhammad Arifin sebagai perwakilan dari KPU Provinsi Riau, dan seluruh peserta.

Peserta diklat berjumlah 43 orang yang berasal dari pegawai di lingkungan KPU se-Provinsi Riau. Diklat direncanakan selama 5 hari mulai tanggal 11 Juli 2011 sampai dengan 15 Juli 2011 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia dalam sambutannya menyampaikan selamat atas keberhasilan KPU yang berhasil ‘naik pangkat’ dari opini Disclaimer menjadi opini ‘Wajar Dengan Pengecualian’ (WDP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan KPU Tahun 2010. Diharapkan kedepannya, dengan semakin meningkatnya kerja sama antara KPU dengan BPKP, KPU dapat meraih opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ (WTP).

 

Melalui Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pemerintah mengamanatkan kepada Menteri/ Pimpinan Lembaga, Gubernur, dan Bupati/Walikota untuk melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintah agar tercapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan berpedoman pada Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

 

Ditambahkan, dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan SPIP ini, diharapkan para peserta akan menjadi ujung tombak yang akan membantu unit organisasinya dalam pengimplementasian SPIP.

 

Secara simbolis sebagai tanda dibukanya penyelenggaraan Diklat SPIP, Kepala Perwakilan memasangkan tanda peserta kepada dua orang peserta Diklat dan diakhiri dengan pembacaan doa.

 

 

(Tim Humas Perwakilan BPKP Perwakilan Provinsi Riau/BO)