BPKP Riau Ekspose Hasil Audit Dana Bergulir di Kota Batam

Batam, 13 Juni 2011. Bertempat di Kantor Walikota Batam, telah diselenggarakan ekspose atas hasil audit dana bergulir Kota Batam yang telah dilaksanakan sejak tahun 2001 sampai tahun 2010. Ekspose dihadiri oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan, Wakil Walikota Batam Rudi, Sekretaris Kota Batam Agussahiman, Inspektur Kota Batam Hartoyo Sirkoen, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM Amsakar Achmad dan jajarannya. Ekspose ini dipaparkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia yang didampingi oleh PFA Raplan Lumbanbatu, Evenri Sihombing, dan Faiz R Darmawan.

Kepala Dinas PMP-KUKM dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa audit dana bergulir ini merupakan rangkaian dalam pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pengelola dana bergulir sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya audit ini diharapkan permasalahan dana bergulir selama sepuluh tahun pengelolaan dapat diinventarisir sebagai titik tolak penyempurnaan sistem BLUD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam paparannya menyampaikan simpulan audit bahwa pengelolaan dana bergulir perlu ditingkatkan baik dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian / monitoringnya. Disamping itu, BPKP memberikan saran supaya dalam pengelolaan dana bergulir ke depan, dapat mengoptimalkan fungsi pembinaan dan pengawasan.

Ditambahkan, BPKP Riau siap mendampingi Pemerintah Kota Batam melalui Dinas PMP-KUKM dalam pembentukan BLUD Pengelola Dana Bergulir ini termasuk penyusunan neraca awal, bimtek pengelolaan BLUD, dan instrumen lain yang diperlukan untuk kesiapan BLUD.

Walikota Batam dalam tanggapan atas paparan yang telah disampaikan, mengucapkan terima kasih atas audit yang telah dilaksanakan BPKP Riau. Terhadap hasil dan saran yang diterima, Walikota Batam mengingatkan pentingnya bagi Pemerintah Kota Batam melalui Dinas PMP-KUKM untuk berkomitmen dalam melaksanakannya. Diharapkan kerjasama dengan BPKP ini semoga dapat berjalan dengan baik dan ditingkatkan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

(Tim Humas Perwakilan BPKP Provinsi Riau/FZ)