Bupati Indragiri Hilir: “MoU sebagai terobosan menuju akuntabilitas keuangan negara”

Foto Pimpinan BPKP Riau dan Bupati InhilPekanbaru, 23 Februari 2011, bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau, telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Bupati Indragiri Hilir dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

Penandatanganan nota kesepahaman ini adalah bagian dari upaya peningkatan kinerja dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintah daerah khususnya bagi Kabupaten Indragiri Hilir sebagai amanat yang tertuang dalam PP 60 Tahun 2008. Bagi Perwakilan BPKP Provinsi Riau, ini menjadi wujud komitmen BPKP dalam pembinaan SPIP dan quality assurance untuk mengawal pemerintah daerah dalam mewujudkan good governance and clean government.

Bupati Indragiri Hilir Indra Muchlis Adnan menyampaikan terima kasih atas penerimaan BPKP dan kerjasamanya untuk membantu penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan daerah agar sesuai ketentuan yang berlaku. Adanya nota kesepahaman ini merupakan terobosan yang penting dalam peningkatan kinerja karena pengelolaan keuangan negara/daerah merupakan hal yang sangat penting.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta rombongan atas kesediaan hadir dalam penandatanganan MoU yang menandakan semangat akuntabilitas untuk pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik. Dengan peningkatan tata kelola keuangan, diharapkan dapat diraih opini WTP serta kepercayaan publik (public trust) yang lebih besar.

Ditambahkan oleh Kepala Perwakilan bahwa BPKP selalu siap mendukung upaya peningkatan kualitas akuntanbilitas pengelolaan keuangan negara. Hal tersebut merupakan amanah yang diberikan Presiden RI melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara. Dukungan BPKP yang diberikan adalah berupa asistensi, evaluasi terhadap penyerapan anggaran, audit tujuan tertentu, dan rencana aksi yang tepat dalam mendorong implementasi SPIP.

Bupati Indragiri Hilir dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau berharap dengan adanya nota kesepahaman ini maka kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik akan semakin baik di masa yang akan datang.

(Tim Humas Perwakilan BPKP Provinsi Riau)