Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Siak, 18-20 Februari 2011, bertempat di Hotel Rindu Sempadan, Siak, dilaksanakan Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Acara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia, para pejabat struktural, dan seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia menyampaikan bahwa rapat kerja ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai ajang untuk mendiskusikan aktualisasi dari peran yang diberikan kepada BPKP. Eksistensi dan peran BPKP sebagai Auditor Presiden dan pembina SPIP yang kredibel semakin kokoh pasca terbit Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Inpres Nomor 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara yang menginstruksikan secara khusus kepada BPKP, sehingga dipandang perlu untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2010 dan perencanaan kinerja tahun 2011 menyikapi amanah tersebut.

Pada dasarnya setiap penugasan yang akan dilaksanakan Perwakilan BPKP tahun 2011 adalah kegitan yang tercantum dalam Rencana Kerja dan Anggaran. Namun tidak tertutup kemungkinan adanya kegiatan-kegiatan baru yang merupakan permintaan dari pimpinan atau mitra kerja untuk dilaksanakan. Kegiatan tersebut dapat dibiayai dari anggaran Perwakilan BPKP, mitra kerja, atau anggaran BPKP dan mitra kerja sehingga dipandang perlu adanya pengaturan tentang teknis pelaksanaan anggarannya.

Sejalan dengan perubahan peran BPKP, kegitan BPKP pada umumnya dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu pemberian jasa assurance dan consulting. Kegitan tersebut ditujukan untuk menghasilkan umpan balik bagi stakeholders untuk keperluan perumusan dan implementasi kebijakan. Dengan demikian perlu perubahan pengkomunikasian hasil pengawasan kepada stakeholders Perwakilan BPKP Provinsi Riau, baik dari segi format maupun segi substansi.



(Tim Humas Perwakilan BPKP Provinsi Riau/BO)