BPKP Riau Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Duri, 10 November 2022 – Perwakilan BPKP Provinsi Riau menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 di Kabupaten Bengkalis yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, di Aula Kantor Camat Mandau.  

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menjadi salah satu narasumber workshop tersebut. Dalam paparan Fauqi menyampaikan BPKP sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) berperan mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

“BPKP mengawal percepatan belanja pemerintah desa agar anggaran terserap dengan baik sehinga berpengaruh  terhadap pertumbuhan ekonomi” ujar Fauqi.

Selain itu, BPKP juga melakukan pengawasan terhadap kualitas perencanaan program desa sejak awal sehingga pembangunan desa dapat terlaksana dengan baik.

Fauqi mengatakan BPKP dan K/L terkait berkolaborasi melakukan pengawasan dan pembinaan desa untuk menghasilkan pengawasan yang lebih komprehensif  serta rekomendasi strategis dalam mengatasi kemiskinan serta meningkatkan kemandirian desa.

Sementara itu Bupati Bengkalis Kasmarni di hadapan Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Bengkalis menyampaikan aparatur pemerintah desa di Kabupaten Bengkalis, memiliki kecakapan, integritas, kapasitas dan kapabilitas dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan, dengan tetap memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat dan taat kepada peraturan perundang-undangan.

Kasmarni juga menyampaikan beberapa harapan, khususnya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

“Kalau boleh, dalam melakukan pengawasan khususnya di desa, sebaiknya tidak hanya terfokus pada anggaran dana desa saja, akan tetapi lebih kepada APBDesa dan kinerja pemerintah desa,” pungkasnya.

Workshop tersebut juga menghadirkan narasumber lainnya yaitu Kepala Kanwil DJPb Riau, Ismed Saputra, Anggota DPD RI, Muhammad Gazali serta dari Kementerian Dalam Negeri.

(Kominfo BPKP Riau)