Rapat Koordinasi Guna Percepatan Penyaluran Bantuan Beras

Pekanbaru (28/7/2021) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau menyelenggarakan Rapat Koordinasi penyaluran bantuan beras PPKM Tahun 2021 secara virtual. Turut hadir Kepala Kantor Perum Bulog Riau dan Kepri, Kepala Kantor Pos Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Farid Firman menyampaikan Penyaluran bantuan beras PPKM adalah salah satu agenda yang diawasi dan sangat diperhatikan oleh pusat. Sehingga, diharapkan untuk realisasi penyaluran beras dapat ditingkatkan dan dipercepat lagi.

Pihak bulog berharap pada akhir bulan Juli penyaluran bantuan beras PPKM 2021 telah direalisasikan semua. Bulog juga telah malakukan koordinasi dengan PT Pos Indonesia wilayah terkait dan Dinas Sosial untuk mempercepat penyaluran.

Sementara itu, PT Pos Indonesia Pekanbaru sebagai transporter, mengupayakan percepatan realisasi penyaluran bantuan beras di wilayah Pekanbaru dengan cara memperbanyak titik bagi bantuan beras sampai pada kantor lurah masing-masing wilayah.

Farid menambahkan BPKP Riau bekerjasama dengan Diskominfotik telah menyiapkan aplikasi untuk memonitoring penyaluran bantuan beras PPKM 2021. Apabila sudah digunakan, maka akan membantu memonitoring realisasi penyaluran mulai dari titik awal bulog sampai kepada KPM yang akan disalurkan. Selain itu, juga dapat memverifikasi apabila terdapat data yang belum valid.

Pemerintah Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten III juga siap membantu mengkoordinasikan dengan pihak terkait apabila PT Pos Indonesia telah menyerahkan rencana jadwal pembagian, mulai dari waktu, lokasi, serta jumlah perkiraan KPM.

(Kominfo BPKP Riau)