PENGAWALAN PROSES PERENCANAAN PEMBANGUNAN PADA BAPPEDA PROVINSI RIAU

Pada acara tersbut Kepala Perwakilan menyampaikan arahan Presiden tentang amanat kepada BPKP untuk melakukan pengawalan penyusunan perencanaan dan penganggaran di K/L dan Pemerintah Daerah. Berdasarkan arahan tersebut, Perwakilan BPKP Provinsi Riau berencana untuk melaksanakan kegiatan pengawalan mekanisme terhadap proses perencanaan dan fasilitsi program untuk penyusunan APBD. Hasil pengawalan tersebut akan disampaikan dalam bentuk atensi yang dapat digunakan sebagai second opinion atas perencanaan dan penyusunan APBD Provinsi Riau.

Kepala Bapeda menyambut baik rencana yang akan dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Riau, dan sangat berharap agar rencana tersebut dapat segera direalisasikan. Harapan tersebut mengingat proses perencaan dan penganggaran saat ini telah menjadi perhatian publik, sedangkan personil perencana dan penyusun anggaran, baik dari eksekutif maupun legislatif masih sering berbeda pendapat dalam menterjemahkan peraturan yang berlaku. Selain itu, Peraturan tetang perencanaan dan penganggaran sering berubah yang terkadang belum tersosialisasi dengan baik. Pengawalan dari BPKP akan dijadikan early warning bagi proses perencanaan dan penganggaran.

Kedua belah pihak menyepakati untuk menindaklanjuti dengan menyusun rencana aksi tahun 2013 dimulai dengan pendampingan penyusunan RPJMD tahun 2014-2019.

Humas Riau/-aw-