Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

09.417 - Prasyarat Pemenuhan Penerapan Daftar Uji Pengendalian Intern Pemerintah

Melalui survai ini diharapkan dapat diketahui persepsi dan tingkat kepuasan stakeholders terhadap kualitas hasil penelitian dan pengembangan (litbang). Informasi yang diperoleh dari hasil survai ini adalah sebuah potret yang berisi penilaian stakeholders terhadap kualitas hasil litbang. Hasil litbang dapat memberikan umpan balik / masukan kepada Puslitbangwas BPKP untuk melakukan perbaikan kualitas litbang dan kinerja di masa yang akan datang.

Secara umum responden menyatakan puas akan hasil litbang. Walaupun demikian, masih terdapat tantangan dan ruang untuk dapat meningkatkan kinerja karena masih terdapat responden yang menyatakan tidak puas akan hasil litbang. Demikian pula, secara umum responden menyatakan topik litbang yang telah dilaksanakan pada waktu lalu telah relevan dengan kebutuhan organisasi.

Harapan stakeholders akan topik penelitian dan pengembangan yang perlu dilakukan pada tahun-tahun yang akan datang menyangkut :

  1. Manajemen SDM di BPKP,
  2. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),
  3. Organisasi serta Peran BPKP dalam Pemerintahan,
  4. Praktik Manajemen di BPKP,
  5. Penerapan SPIP di BPKP,
  6. Jabatan Fungsional Auditor (JFA)
  7. APIP-Pengawasan Nasional,
  8. Efektifitas SPIP dalam Memberantas KKN.

Responden menyatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas litbang dan kinerja Puslitbangwas BPKP, aspek yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan pemanfaatan hasil litbang yang didukung dengan pemilihan topik litbang yang sesuai dengan kebutuhan organisasi serta sosialisasi hasil litbang yang efektif. Untuk itu perlu segera disusun Pedoman Sosialisasi Hasil Litbang. Selain itu perlu ditingkatkan efektifitas ”due-process” dalam penelitian dan pengembangan, ditingkatkan jumlah dan jenis data yang diolah, ukuran dan teknik sampling, pemilihan responden, referensi yang up to date, kualitas metodologi pengumpulan/analisis data dan penyusunan kuestioner.

Selain hal tersebut, responden menyatakan perlunya dilakukan capacity building secara berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi SDM pada Puslitbangwas BPKP, serta perlunya dilakukan survai dan monitoring pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan secara berkala dan berkelanjutan sebagai sarana komunikasi dengan stakeholders.

 

Kata Kunci :

Survai kepuasan stakeholders
Kualitas hasil litbang
Relevansi topik litbang dengan kebutuhan organisasi
Usulan topik litbang
Pemanfaatan hasil litbang
Sosialisasi hasil litbang
Rekomendasi peningkatan kualitas litbang dan kinerja Puslitbangwas BPKP


Share