Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

08.1044 - Program Assessment Rating Tools (PART)

Nomor: LHT-1044/LB/2008 Tanggal 27 November 2008

ABSTRAKSI

Pemerintah Federal Amerika Serikat telah mengembangkan tools untuk menilai kinerja program yang dilaksanakan oleh masing-masing departemen yang disebut dengan Program Assessment Rating Tools (PART) yang dikeluarkan oleh Office of Management and Budget (OMB). PART dapat dikatakan sebagai model untuk program self assessment yang terstruktur dan seragam sebagai bagian yang esensial bagi Performance Improvement Initiative (PII) , karena mampu mengendalikan program agar terus menerus ber fokus pada pencapaian hasil ( result ).

PART berisi 25 pertanyaan yang bertujuan untuk menilai kualitas ukuran-ukuran kinerja program tahunan dan jangka panjang. Kemudian, pertanyaan-pertanyaan/kuesioner tersebut dikelompokkan ke dalam empat kelompok dengan bobotnya masing-masing yaitu program purpose & design (20%), strategic planning (20%) , program management (10%) dan program result/accountability (50%).

Implementasi PART dilakukan secara kolaborasi antara OMB dan departemen/instansi ( Agency ) serta diproses dengan menggunakan aplikasi online yang disebut dengan Web PART. Hasil penilaian PART berupa peringkat yang dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok performing dan kelompok non performing. Kelompok performing adalah kelompok program yang mengindikasikan bahwa program berjalan secara effective, moderately effective, dan Adequate. Sedangkan kelompok non performing adalah kelompok program yang mengindikasikan bahwa program berjalan secara ineffective dan Result Not Demonstrated (RND) . Suatu peringkat “ RND ” diberikan untuk program yang tidak mempunyai ukuran kinerja yang dapat diterima atau kekurangan data kinerja.

Hasil dari penilaian PART selain bentuk ringkasan/ summary yang dipublikasikan untuk publik melalui ExpectMore.Gov, juga dimuat dalam PAR (Performance Accountability Report) masing-masing departemen/instansi ( agency ).


Share