Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

08.1040 - Usulan Rancangan Standar Pengawasan BPKP

Nomor: LHT-1040/LB/2008, Tanggal 26 November 2008

ABSTRAKSI

BPKP sebagai salah satu unsur Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) perlu memiliki standar kerja. Standar kerja berfungsi memberikan acuan atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi. Standar juga berfungsi sebagai kriteria dan ukuran mutu minimal dalam pelaksanaan penugasan tersebut. Sesuai dengan tugas dan fungsi BPKP sebagai pengawas intern pemerintah, maka Puslitbangwas mengusulkan standar tersebut bernama Standar Pengawasan BPKP (terlampir).

Standar tersebut diadaptasi dari The Standar for Professional Practice of Internal Auditing yang diterbitkan oleh Institute of Internal Auditing (IIA) Tahun 2003. Berdasarkan hasil kajian tim, standar IIA paling sesuai dengan tugas dan fungsi pengawasan BPKP serta bersifat komprehensif (mencakup kegiatan auditor intern secara keseluruhan, yang meliputi kegiatan assurance dan konsultasi), memiliki hierarki yang jelas, sistematis, dan fleksibel untuk dikembangkan dan digunakan secara bersama-sama dengan standar/pedoman dari organisasi profesi audit lainnya. Selain itu, standar IIA disusun berdasarkan Rerangka Kerja Praktik Profesional (The Professional Practice Framework), yang merupakan kodifikasi kumpulan knowledge profesi internal audit dan menjadi pedoman bagi profesi serta harapan customers, dengan struktur sebagai berikut:

  1. Definisi Profesi
  2. Kode Etik Profesi
  3. Standar (Standar Atribut, Standar Kinerja dan Standar Implementasi)
  4. Saran Penerapan
  5. Pedoman Lain

Definisi profesi (pengawasan intern) adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, pemantauan, evaluasi, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kelola/kepemerintahan yang baik. Definisi pengawasan nintern menjadi dasar bagi standar dan rerangka kerja praktik profesional (RKPP).

Kode etik profesi memuat empat nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang dianggap penting agar praktik audit intern berjalan efektif, yaitu: integritas, obyektivitas, kerahasiaan, dan kompetensi. Keempat nilai/prinsip tersebut harus dijabarkan ke dalam dan menjadi menjadi pedoman bagi aturan perilaku perilaku pengawas intern.

Standar, yaitu standar yang sekarang diadaptasi menjadi Standar Pengawasan BPKP, terdiri atas Standar Atribut atau Standar Umum, Standar Kinerja dan Standar Implementasi. Standar umum menguraikan pendefinisian karakteristik BPKP sebagai aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) serta kinerja setiap jasa pengawasan yang diberikan oleh para auditor/pengawas. Standar kinerja menguraikan sifat jasa pengawasan dan kriteria mutu yang diberikan agar kinerja pelayanannya dapat diukur. Standar Umum dan Standar Kinerja digunakan untuk seluruh jenis jasa pengawasan, sebaliknya Standar Implementasi hanya digunakan un tuk jenis jasa tertentu, yaitu assurance atau konsultasi saja.

Rancangan standar di atas baru merupakan usulan dari tim pengkaji. Tahapan/proses selanjutnya yang harus dilalui untuk penerbitan Standar Pengawasan BPKP adalah: penyusunan exposure draft, limited hearing, pengolahan masukan untuk menyusun revised exposure draft, penyusunan draft final dan pengesahan oleh Kepala BPKP untuk pemberlakuannya.

Selain dari proses penyusunan standar, aspek yang tidak kalah penting dari keberadaan sebuah standar adalah bagaimana agar standar tersebut difahami, diresapi dan diterapkan secara efektif oleh setiap anggota profesi. Oleh karena itu, untuk tahap selanjutnya standar tersebut perlu dilengkapi dengan Saran Penerapan dan Pedoman Lain sesuai dengan RKPP di atas. Kemudian secara terus-menerus ditinjau dan dievaluasi relevansinya dengan kondisi mutahir yang dihadapi organisasi.

Kata Kunci : Pengawasan Intern, Jasa assurance dan jasa konsultasi, Rerangka Kerja Praktik Profesional, Standar Umum, Standar Kinerja dan Standar Implementasi


Share