Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

08.958 - Frequently Asked Questions Seputar Manajemen Risiko

Nomor: LAP-958/LB/2008 Tanggal 27 Oktober 2008

ABSTRAKSI

Puslitbangwas BPKP sebagai unit kerja di BPKP, telah mengembangkan manajemen risiko sektor publik sejak tahun 2002. Beberapa kegiatan telah dilakukan dalam upaya pengembangan tersebut, diantaranya adalah penyusunan pedoman manajemen risiko sektor publik, modul pengajaran manajemen risiko sektor publik, buku teknik-teknik manajemen risiko untuk Instansi Pemerintah, Pemetaan praktik manajemen risiko di Instansi Pemerintah Pusat, sosialisasi menajemen risiko di internal maupun eksternal BPKP, Pilotting manajemen risiko di Dinas Cipta Karya Bogor serta bimbingan teknis manajemen risiko di beberapa instansi pemerintah.

Dalam melaksanakan sosialisasi pedoman maupun bimbingan teknis manajemen risiko, muncul banyak pertanyaan yang menarik seputar teori maupun praktik manajemen risiko. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan tersebut selanjutnya dirangkum dan disusun menjadi buku pertanyaan yang sering muncul seputar manajemen risiko. Seluruh pertanyaan tersebut dijawab berdasarkan pengetahuan dan pengalaman tim penyusun.

Buku Pertanyaan Seputar Manajemen Risiko ( Frequently Asked Questions - FAQs ) ini secara garis besar berisi pertanyaan seputar teori MR dan pertanyaan seputar praktik MR. Pertanyaan seputar teori MR terdiri dari 50 butir pertanyaan dan pertanyaan seputar praktik terdiri dari 33 butir pertanyaan sehingga total pertanyaan ada 83 butir.

 

Kata Kunci: FAQs, pertanyaan, MR, Manajemen Risiko.


Share