Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

08.744 - Kesiapan Kuasa Pengguna Anggaran di Lingkungan BPKP menerapkan SPI (COSO)

Nomor: LHT-744/LB/2008 Tanggal 14 Agustus 2008

ABSTRAKSI

Penelitian ini difokuskan pada identifikasi adanya unsur-unsur pengendalian intern, yaitu: adanya lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, sistem informasi dan komunikasi, serta pemantauan beserta dengan sub-sub unsurnya pada BPKP . Kajian ini bertujuan untuk memetakan tingkat kesiapan kuasa pengguna anggaran di lingkungan BPKP dalam menerapkan sistem pengendalian intern yang sesuai dengan kerangka COSO dan mengidentifikasi dukungan serta hambatan yang ada dalam mempersiapkan penerapan sistem pengendalian intern pemerintah tersebut . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan karena ingin mengetahui secara menyeluruh kondisi kesiapan BPKP dan tidak berniat membandingkan (komparatif) ataupun menghubungkan (asosiatif). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survai melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur terhadap peraturan, kebijakan, dan literatur terkait. Dari data yang dikumpulkan tersebut selanjutnya di olah dan dianalisis dengan statistik deskriptif (frekuensi) terhadap data kuesioner yang diterima untuk menjawab pertanyaan mengenai kesiapan dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat.

Ruang lingkup penelitian adalah sistem pengendalian intern pada instansi pemerintah , dalam hal ini yaitu BPKP, yang sesuai dengan kerangka COSO. Khususnya para kuasa pengguna anggaran (eselon II) di lingkungan BPKP karena mereka yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan negara, sehingga merekalah yang harus berakuntabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kesiapan BPKP menerapkan sistem pengendalian intern adalah Sangat Siap dengan perincian unsur sebagai berikut:

  • Lingkungan Pengendalian = Sangat Siap
  • Penilaian Risiko = Cukup Siap
  • Kegiatan Pengendalian = Sangat Siap
  • Informasi dan Komunikasi = Sangat Siap
  • Pemantauan = Sangat Siap

Apabila unsur pengendalian tersebut diurutkan dari yang sangat siap sampai yang cukup siap adalah sebagai berikut: Informasi dan Komunikasi, Kegiatan Pengendalian, Pemantauan, Lingkungan Pengendalian, dan Penilaian Risiko.

Dukungan-dukungan yang dirasakan dalam mempersiapkan penerapan sistem pengendalian intern (COSO), umumnya yaitu:

  • Adanya komitmen dari pimpinan instansi
  • Sebagian satuan kerja (Satker) BPKP sudah memahami unsur-unsur sistem pengendalian intern (COSO).

Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam mempersiapkan penerapan sistem pengendalian intern (COSO), umumnya yaitu:

  • Belum ada kebijakan yang mengatur sistem pengendalian intern (COSO)
  • Sebagian Satker BPKP belum mendapat sosialisasi mengenai unsur-unsur sistem pengendalian intern (COSO).

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh kepada pimpinan BPKP mengenai tingkat kesiapan penerapan sistem pengendalian intern pada masing-masing kuasa pengguna anggaran di lingkungan BPKP, sehingga pimpinan BPKP dapat mengambil langkah-langkah untuk mendorong kesiapan penerapan sistem pengendalian intern di lingkungan BPKP . Selain itu, hasil penelitian ini bermanfaat untuk menyempurnakan instrumen dalam rangka melakukan pemetaan kesiapan seluruh instansi pemerintah menerapkan sistem pengendalian intern pemerintah.

 

 


Share