Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

08.731 - Pengukuran Good Executive Governance di Lingkungan BPKP

Nomor: LHT-731/LB/2008, Tanggal 12 Agustus 2008


ABSTRAKSI

Pengembangan ‘Pengukuran Good Executive Governance di Lingkungan BPKP’ merupakan lanjutan dari hasil kajian tahun 2007, yakni ‘Pengembangan Ukuran Penilaian Good Executive Governance di Lingkungan BPKP’. Kajian tahun 2007 telah mengidentifikasi tiga variabel prinsip yang diturunkan dalam 10 indikator dan dijabarkan dalam 50 parameter sebagai unsur penilaian Good Executive Governance (GEG) di lingkungan BPKP. Pengukuran GEG di Lingkungan BPKP merupakan uji coba terhadap indikator dan parameter yang dihasilkan dari tiga prinsip GEG yakni Responsibilitas, Akuntabilitas, dan Transparansi.

Pengembangan pengukuran GEG di lingkungan BPKP bertujuan untuk memperoleh indikator, parameter dan metode pengukuran GEG yang tepat di lingkungan BPKP sekaligus untuk mengetahui tingkat penerapan GEG. Hasil pengembangan diharapkan dapat menjadi salah satu metode pengukuran penilaian GEG yang diimplementasikan di lingkungan BPKP.

Sebagai suatu studi kasus, ‘Pengukuran GEG di lingkungan BPKP’ dilakukan terhadap 10 unit kerja eselon II Satuan Kerja Pengguna Anggaran SKPA dari sejumlah 30 unit kerja eselon II SKPA. Pengumpulan data kinerja dilakukan dengan kuesioner, sehingga pengukuran ini dilakukan dengan self assessment. Sedangkan penyempurnaan indikator dan parameter, serta pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara.

Pengembangan ini menghasilkan penilaian tingkat penerapan GEG yang diturunkan dari tiga prinsip ke dalam delapan indikator dan diturunkan lagi ke dalam 26 parameter. Prinsip Responsibilitas terdiri atas lima indikator dan 17 parameter, prinsip Akuntabilitas terdiri atas satu indikator dan tiga parameter, dan prinsip Transparansi terdiri atas dua indikator dan enam parameter.

Tingkat Penerapan GEG dihasilkan dari rata-rata tertimbang dengan memperhitungkan bobot variabel prinsip Responsibilitas sebesar 50%, Akuntabilitas sebesar 40%, dan Transparansi sebesar 10%. Nilai tingat penerapan GEG digolongkan dalam lima kategori yaitu: ‘Sangat Baik’, ‘Baik’, ‘Cukup’, ‘Kurang’, dan ‘Sangat Kurang’. Tingkat penerapan GEG pada 10 unit eselon II SKPA di Lingkungan BPKP adalah sebesar 1.702 yang termasuk dalam kategori ‘Sangat Baik’.
 

Kata Kunci: Good Executive Governance, Responsibilitas, Akuntabilitas, dan Transparansi.


Share