Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

07.877 - Lingkungan Pengendalian dalam Sistem Pengendalian Internal

Nomor : LHT-877/LB/2007, Tanggal 14 Desember 2007

ABSTRAKSI

Kajian ini difokuskan untuk membahas lingkungan pengendalian yang merupakan fondasi bagi keseluruhan unsur dalam sistem pengendalian internal dan berupaya mengidentifikasikan indikator yang mencirikan efektivitas penerapannya. Kajian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik tentang unsur lingkungan pengendalian melalui pemaparan konsep-konsep yang ada dan memberikan panduan dalam mengimplementasikan lingkungan pengendalian melalui identifikasi atas indikator-indikatornya. Pendekatan kajian ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan memaparkan konsep-konsep pengendalian internal dan lingkungan pengendalian yang menjadi salah satu unsur pembentuknya. Pendekatan ini menggunakan pengumpulan data dari literatur-literatur yang relevan, baik berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan dari peraturan yang berlaku/ketentuan perundang-undangan. Dari data yang dikumpulkan tersebut selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh keutuhan pemahaman atas lingkungan pengendalian untuk menyusun indikator dan parameter yang mencerminkan lingkungan pengendalian yang positif.

Pengendalian internal bagi instansi pemerintah adalah suatu proses integral yang dijalankan oleh pimpinan dan seluruh pegawai suatu instansi yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa tujuan instansi akan tercapai, yaitu:

  • meningkatkan ketertiban, keekonomisan, efisiensi dan efektivitas kegiatan, dan beretika;
  • informasi keuangan dan manajemen yang andal, lengkap, dan tepat waktu untuk kebutuhan internal maupun eksternal;
  • pengamanan sumber daya instansi terhadap kerugian akibat pemborosan, penyalahgunaan, salah kelola, kekeliruan dan kecurangan (fraud);
  • meningkatkan kepatuhan pada peraturan, perundang-undangan, dan arahan pimpinan.

Ruang lingkup kajian ini adalah menjabarkan unsur yang membentuk lingkungan pengendalian yang terdiri dari integritas dan nilai etika; komitmen pada kompetensi; filosofi dan gaya kepemimpinan; struktur organisasi; pembagian kewenangan dan tanggung jawab; kebijakan dan prosedur sumber daya manusia; serta kelompok pengawas. Lingkungan pengendalian umumnya berlaku pada kerangka sistem pengendalian internal sektor privat dan sektor publik, namun kajian ini lebih difokuskan hanya pada sektor publik atau yang relevan di instansi pemerintah.

Hasil kajian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi para pimpinan dan pegawai instansi pemerintah dalam mengimplementasikan dan mengevaluasi lingkungan pengendalian yang positif pada sistem pengendalian internal.

Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, Lingkungan Pengendalian, Indikator, Parameter

 

 


Share