Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

07.824 - Ukuran Penilaian Good Executive Governance di Lingkungan BPKP

Nomor : LHP-824/LB/2007, Tanggal 14 November 2007

ABSTRAKSI

Pengembangan ukuran penilaian Good Executive Governance (GEG) merupakan lanjutan dari hasil kajian tahun 2006 yang telah mengidentifikasi sejumlah indikator dan parameter sederhana terhadap penerapan prinsip-prinsip GEG dalam tiga fungsi utama instansi pemerintah. Untuk dapat melakukan pengukuran tingkat penerapan GEG diperlukan pengembangan lebih lanjut terhadap indikator dan parameter dimaksud.
Tujuan pengembangan adalah menyediakan tools berupa indikator/parameter penerapan GEG dan metode pengukurannya. Hasil pengembangan diharapkan dapat menjadi salah satu metode pengukuran penilaian GEG yang diimplementasikan di lingkungan BPKP.
Pengembangan atas tujuh prinsip GEG yang telah dirumuskan dalam kajian tahun 2006, diprioritaskan pada dua prinsip yang paling penting dan banyak dikemukakan dalam berbagai literatur yaitu akuntabilitas, dan transparansi. Selain kedua prinsip tersebut, prinsip yang juga sangat penting adalah prinsip yang berkaitan dengan pelaksanaan wewenang yang melekat pada birokrasi yaitu responsibilitas (pertanggungjawaban). Ketiga prinsip dimaksud (responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi) akan digunakan sebagai acuan untuk menurunkan indikator dan parameter penerapan GEG.
Dari hasil analisis dan interpretasi data, telah dihasilkan 10 indikator dan 50 parameter. Metode pengukuran dikembangkan dengan memberikan bobot pada tiga prinsip GEG yakni responsibilitas (60%), akuntabilitas (25%), dan transparansi (15%). Masing-masing prinsip terbagi dalam beberapa indikator dan parameter, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Prinsip responsibilitas (60%) mempunyai enam indikator, yaitu:
    1. kejelasan tanggung jawab dan wewenang (12%) terbagi dalam tiga parameter;
    2. memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab dan wewenang (12%) terbagi dalam tujuh parameter;
    3. memiliki kebijakan pengelolaan SDM (9%) terbagi dalam lima parameter;
    4. memiliki kebijakan pengelolaan keuangan (9%) terbagi dalam dua parameter;
    5. memiliki kebijakan pengelolaan sarana prasarana (9%) terbagi dalam tiga parameter;
    6. memiliki kebijakan mengenai metode kerja (9%) terbagi dalam 15 parameter.
  2. Prinsip akuntabilitas (25%) mempunyai dua indikator, yaitu
    1. memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang jelas (5%) dengan satu parameter;
    2. memiliki media pertanggungjawaban yang berkualitas (20%) yang terbagi dalam delapan parameter.
  3. Prinsip transparansi (15%) mempunyai dua indikator, yaitu:
    1. kejelasan batasan informasi kunci yang dapat disampaikan kepada publik (5%) dengan satu parameter;
    2. adanya mekanisme pemberian informasi kunci kepada publik (10%) yang terbagi dalam lima parameter.


Skala penilaian berkisar 0-2, parameter yang terpenuhi semua diberi nilai 2, terpenuhi sebagian diberi nilai 1, dan tidak terpenuhi nilainya 0. Nilai dikalikan dengan bobot masing-masing parameter sehingga nilai total dari tiga prinsip akan berkisar 0-2 yang menunjukkan tingkat penerapan GEG. Kategori penilaian dengan skala 1,60 - 2 diberi predikat "sangat baik", skala 1,20 - 1,59 diberi predikat "baik", skala 0,80 - 1,19 diberi predikat "cukup", skala 0,4 - 0,79 diberi predikat "kurang", dan skala 0 - 0,39 diberi predikat "sangat kurang".

Kata Kunci: Penilaian GEG, Ukuran GEG, Indikator GEG

 


Share