Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

07.048 - Petunjuk Teknis Fasilitasi Manajemen Risiko Sektor Publik

Nomor: LHP-48/LB/2007 Tanggal 29 Januari 2007

Manajemen risiko sesuatu pengetahuan/konsep baru, dirasakan perlu untuk mengenalkan konsep ini secara “door to door” melalui sosialisasi yang diharapkan nantinya ada tindak lanjut instansi sektor publik untuk menerapkan manajemen risiko. Berdasarkan pengalaman penerapannya di berbagai negara, untuk mencapai hasil yang optimal, kegiatan manajemen risiko dalam rangka pengembangan manajemen risiko pada suatu organisasi selalu memerlukan peran fasilitator. Petunjuk Teknis Fasilitasi Manajemen Risiko Sektor Publik merupakan kerangka acuan bagi seluruh fasilitator manajemen risiko BPKP dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi dan asistensi manajemen risiko, sehingga dapat diperoleh hasil yang diharapkan. Buku petunjuk ini diantaranya mencakup :

  1. Peran, Fungsi dan Kualifikasi Fasilitator

Memuat penjelasan peran dan fungsi dari seorang fasilitator, pembentukan tim dan uraian tugas masing-masing personil dalam tim, kualifikasi fasilitator diperuntukkan agar pemilihan seseorang untuk menjadi fasilitator sudah mengarah kepada kompetensi yang dibutuhkan dalam menjalankan peran dan fungsinya.

  1. Sosialisasi

Pada bagian ini diuraikan mengenai pelaksanaan sosialisasi dimulai dari perencanaan baik yang bersifat administratif maupun teknis, dilanjutkan dengan prosedur dan langkah-langkah dalam pelaksanaan sosialisasi

  1. Asistensi

Pada bagian ini diuraikan mengenai pelaksanaan asistensi dimulai dari perencanaan baik yang bersifat administratif maupun teknis, dilanjutkan dengan prosedur dan langkah-langkah dalam pelaksanaan asistensi sesuai dengan tahapan-tahapan dalam manajemen risiko, serta penyusunan laporan.

  1. Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Risiko

Memuat penjelasan arti penting evaluasi terhadap hasil kegiatan fasilitasi yang diberikan baik dalam bentuk evaluasi maupun asistensi. Untuk itu profil manajemen risiko sektor publik perlu kita susun sebagai database tim fasilitasi dalam memberikan evaluasi dan penilaian hasil fasilitasi Manajemen Risiko Sektor Publik.



Kata kunci: fasilitasi, manajemen risiko


Share