Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

06.958 - Kajian Teoritis Social Auditing

Nomor: LHP-958/LB/2006 Tanggal 28 Desember 2006

Kajian ini dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai social auditing dari berbagai literatur yang relevan yang nantinya bisa dipakai sebagai dasar bagi penelitian selanjutnya. Kajian ini menggunakan literature review untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai konsep social auditing. Berdasarkan kajian ini social auditing adalah suatu rangkaian proses dalam suatu organisasi untuk melakukan penilaian dan melaporkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Social auditing merupakan suatu istilah yang digunakan dalam melakukan pengukuran kinerja sosial suatu organisasi. Jadi social auditing bukan merupakan ilmu auditing tersendiri tetapi lebih merupakan suatu bentuk evaluasi atau monitoring terhadap dampak sosial suatu kebijakan atau aktivitas organisasi yang akan dituangkan dalam bentuk laporan sosial (social report). Penyajian laporan sosial tersebut dapat merupakan bagian dari annual report atau merupakan laporan tersendiri yang terpisah. Terhadap laporan sosial itu sendiri nantinya akan dilakukan verifikasi atau assurance oleh pihak eksternal untuk menjaga kredibilitas laporan tersebut agar dapat digunakan oleh stakeholders.

Ruang lingkup social auditing secara garis besar meliputi aspek sosial internal organisasi dan aspek sosial eksternal organisasi. Aspek internal organisasi meliputi antara lain manajemen sumber daya manusia, kesehatan dan keselamatan kerja, perubahan organisasi, manajemen lingkungan dan sumber daya alam. Sedangkan aspek eksternal organisasi meliputi antara lain komunitas lokal, partner bisnis, pemasok, konsumen, hak-hak asasi manusia, dan kepedulian lingkungan secara global. Apabila menggunakan pendekatan global reporting initiative, ruang lingkup tersebut dapat dikelompokkan menjadi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Manfaat dari social auditing tersebut tentunya untuk menilai seberapa jauh dampak dari kinerja sosial yang dilakukan organisasi kepada para stakeholders. Selain dipergunakan sebagai laporan kepada stakeholders, social auditing ini berguna pula bagi organisasi dalam peningkatan kinerja sosial selanjutnya sehingga hal itu merupakan suatu proses yang berkelanjutan


Kata kunci: social auditing, tanggung jawab sosial

 


Share