Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

05.876 - Persepsi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Publik Instansi Pemerintah Di Bidang Kesehatan

Nomor: LHP-876/LB/2005 Tanggal 29 Desember 2005

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran atas pengetahuan dan harapan masyarakat mengenai akuntabilitas publik dari instansi pemerintah bidang kesehatan berdasarkan tiga aspek/variabel penilaian, yaitu responsivitas, transparansi, dan partisipasi. Masyarakat yang menjadi responden dimintakan penilaiannya atas ketiga vareabel yang menjadi indikator penilaian akuntabilitas publik instansi pemerintah bidang kesehatan untuk kondisi saat ini dan penilaian yang menjadi harapannya dari indikator penilaian tersebut. Kuesioner penilaian dikirimkan kepada 100 responden yang mewakili tiga kelompok masyarakat bidang kesehatan yaitu kaum profesional, LSM, dan media massa di Jakarta. Tingkat pengembalian dari kuesioner penelitian adalah 64%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya masyarakat telah memahami konsep akuntabilitas publik, namun kurang mengetahui tingkat implementasi akuntabilitas publik instansi pemerintah bidang kesehatan yang tengah berjalan. Masyarakat umumnya menilai bahwa akuntabilitas publik pada semua tingkat instansi pemerintah bidang kesehatan berdasarkan tiga aspek/vareabel yang menjadi indikator penelitian di atas masih "kurang memadai", padahal hal itu ˜sangat perlu" Selain itu penelitian ini juga menunjukkan adanya information asymetry dalam akuntabilitas publik instansi pemerintah bidang kesehatan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi instansi pemerintah bidang kesehatan dalam meningkatkan kualitas implementasi akuntabilitas publik dari instansinya sehingga dapat sesuai dengan harapan masyarakat.


Share