Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

05.878 - Kompetensi Auditor Dalam Pelaksanaan Audit Pengadaan Barang dan Jasa

Nomor: LHP-878/LB/2005 Tanggal 29 Desember 2005

Kajian ini bertujuan, pertama untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan auditor BPKP dalam memahami konsep dan prosedur (conceptual skill), mengambil langkah-langkah audit (technical skill), dan berkomunikasi (interpersonal skill) dalam menjalankan audit PBJ. Kedua adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai aspek manajerial, khususnya perencanaan dan pengendalian dalam pelaksanaan audit PBJ yang dapat mempengaruhi kompetensi auditor dalam pelaksanaan audit PBJ.

Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 508 ketua tim audit pengadaan barang dan jasa dengan tingkat pengembalian 72%, dan melakukan wawancara serta FGD (Focus Group Discussion).

Berdasarkan hasil kajian terhadap ketiga aspek kompetensi, pemahaman auditor mengenai prinsip dan audit PBJ serta penyimpangan dalam PBJ adalah belum maksimal. Begitu juga dengan penerapan audit yang ditunjukkan oleh metode, teknik, prosedur audit yang telah dilakukan, dan supervisi audit yang telah diterima. Sedangkan untuk perilaku audit dianggap sudah maksimal. Dari hasil kajian ini diketahui juga bahwa kendala-kendala di luar aspek kemampuan auditor turut mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan audit PBJ. Kelemahan dalam perencanaan antara lain, penetapan tim audit yang kurang selektif, kurangnya perhatian terhadap waktu audit yang dibutuhkan auditor, dan dana untuk keperluan audit yang terbatas. Pengendalian dalam pelaksanaan audit PBJ telah dibuat berlapis-lapis namun efektivitas ketepatan waktu dan kualitas laporan auditnya masih diragukan. Hal ini tampak dari banyaknya laporan hasil audit yang dikembalikan untuk diperbaiki dan dilengkapi karena validasi elektronik dan validasi substansi oleh TPP. Manfaat kajian ini adalah sebagai bahan perumusan kebijakan pimpinan untuk meningkatkan kualitas audit ditinjau dari aspek kompetensi auditor dan aspek manajerial dalam pelaksanaan audit PBJ di masa yang akan datang.


Share