Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

15.078 Pengembangan Knowledge Management di Puslitbangwas BPKP

Pengembangan knowledge management di Puslitbangwas direncakan akan dilaksanakan dalam 10 tahap sesuai dengan hasil kajian yang telah dilaksanakan pada tahun 2008, 2011, dan 2012. Pada tahun 2012, pengembangan difokuskan pada tiga tahap pertama dari sepuluh tahap tersebut. Ketiga tahap tersebut yaitu melakukan analisis infrastruktur, menyelaraskan knowledge management dengan strategi organisasi, dan desain infrastruktur knowledge management.

Hasil analisis infrastruktur menunjukkan bahwa sebagaian besar infrastruktur di Puslitbangwas BPKP sudah siap diantaranya yaitu jaringan LAN/WAN dengan bandwidth yang memadai, adanya remote access, internet, video conferencing, platform komputer yang seragam, dan telah digunakannya groupware berupa Lotus Notes. Beberapa infrastruktur yang belum tersedia meliputi intranet yang dikelola sendiri, DSS, mobile computing solution, skill database, dan alat manajemen proyek (seperti e-review).

Hasil penyelarasan knowledge management dengan strategi bisnis/ organisasi yaitu bahwa pegawai Puslitbangwas harus memiliki kompetensi yang selaras dengan tujuan strategis. Kompetensi tersebut adalah kompetensi untuk melakukan penelitian dan pengembangan selain kompetensi sebagai auditor internal. Untuk itu perlu pengelolaan pengetahuan dalam hal penelitian, pengembangan, hal-hal yang berkaitan dengan auditor internal termasuk SPIP. Pendekatan pengembangan knowledge management lebih bersifat personalisasi (pengetahuan disampaikan secara personal dari individu yang memahami pengetahuan ke individu pembelajar).

Hasil dari desain infrastruktur knowledge management yaitu aktivitas dan layanan yang harus diberikan/disediakan dalam sistem dibedakan antara sistem fungsional dan sistem nonfumgsional. Beberapa diantaranya yaitu enkripsi password pengguna, akses penuh bagi petugas administrator manajemen pengetahuan, kemampuan pemutakhiran oleh sistem, mekanisme validasi untuk penyimpanan dan sebagainya.


Share