Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

14.078 - Pedoman Presentasi Hasil Litbang BPKP

Keberhasilan diterimanya suatu gagasan oleh pihak lain tidak hanya ditentukan oleh “apa” yang disampaikan tetapi juga “bagaimana” menyampaikan gagasan tersebut. Presentasi adalah suatu cara penyampaian suatu gagasan kepada pihak lain yang berkepentingan. Suatu gagasan yang baik dan bermanfaat bagi pihak tertentu jika dipresentasikan secara baik pula, maka gagasan tersebut akan diterima dan dimanfaatkan oleh pihak tersebut. Sebaliknya, meskipun gagasan adalah baik dan bermanfaat seringkali tidak diterima dan dimanfaatkan pihak tertentu jika cara presentasinya kurang menarik.

Presentasi merupakan suatu prosedur yang harus dilaksanakan oleh para peneliti dalam proses dan penyampaian hasil penelitian dan pengembangan Puslitbangwas BPKP. Agar presentasi dapat dilakukan secara baik sehingga meningkatkan daya guna hasil penelitian dan pengembangan, maka untuk itu Puslitbangwas BPKP perlu membuat Pedoman Presentasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Pengawasan Puslitbangwas BPKP. Pedoman ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Pedoman Penelitian dan Pengembangan Pengawasan Puslitbangwas BPKP.

Dengan adanya pedoman ini, maka diharapkan para pejabat dan peneliti di Puslitbangwas BPKP dapat melaksanakan presentasi terkait dengan penelitian dan pengembangan secara baik.


Share