Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

12.1223 - Penentuan Kriteria Topik Litbang

Penetapan  kriteria penilaian topik litbang adalah bagian penting dalam melakukan perencanaan kegiatan penelitian dan hasil penilaian yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan analisis yang dilakukan terdapat enam kriteria penilaian topik litbang yaitu:

  1. strategis
  2. keurgensian
  3. kekhalayakan
  4. aktual
  5. kelayakan
  6. kontinuitas

Dengan analisis kuantitatif yang telah dilakukan dan judgement bahwa bobot tertinggi adalah 30 dan bobot terendah 5, maka hasilnya menunjukkan bobot dari masing-masing kriteria adalah kriteria strategis paling dominan dijadikan kriteria pemilihan topik litbang dengan bobot 30. Kriteria kedua adalah keurgensian dengan bobot 19 diikuti kriteria ketiga adalah kekhalayakan dengan bobot 17. Sedangkan kriteria keempat, kelima,dan keenam adalah aktual: 16, kelayakan:13  dankontinuitas: 5.

Untuk mengambil keputusan topik yang dipilih, maka sesuai langkah-langkah the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) diperlukan proses selanjutnya berupa pemberian skor dan memberi nilai dari setiap masing-masing kriteria topik penelitian. Dalam pemberian nilai tersebut, maka untuk memudahkannya dibuatkan acuan penilaian atas masing-masing kriteria tersebut.Dalam kajian ini, dengan mengacu pada QSPM, maka untuk menetapkan apakah topik yang akan dipilih diterima atau ditolak, maka ditetapkan ambang batas penerimaan(passing grade)yaitu 300. Untuktopik yang nilainya melampaui passing grade dapat diterima sedangkan di bawah passing grade maka topik ditolak. Langkah-langkah dalam penilaian tersebut dituangkan dalam satu formulir kriteria topik litbang. Selanjutnya dirancang juga instrumen berupa formulir alasan penolakan topik litbang sehingga proses pemilihan topik litbang dapat dijelaskan dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

Dari kajian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam menentukan kriteria pemilihan topik litbang dapat menggunakan the QSPM, walaupun hanya berfokus pada pembobotandanpemberianskor dan pemberian nilai atas topik yang dipilih. Sedangkan perancangan instrumen berupa formulir evaluasi kriteria penilaian dan alasan penolakan topik litbang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pemilihan topik. 


Share