Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

12.1222 - Metode Pengukuran Manfaat (Outcome) Pinjaman dan Hibah Luar Negeri/PHLN

Pengukuran outcomeatas program yang dibiayai PHLN dilakukan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sasaran dantujuan yang telah ditetapkan. Pengukuran dimaksud dilakukan melalui proses penilaian yang sistematik dan didasarkan pada penetapan indikator, baseline, dan terget yang akan dianggap penting untuk dicapai.

Dalam Kajian ini, yang merupakan langkah awal untuk melakukan kajian yang lebih komprehensif, dibahas sebuah metodeyang berisi lima langkah untuk melaksanakan pengukuran outcome atas tujuh program terpilih yang dibiayai Bank Dunia.  Kelima langkah tersebut merupakan penyesuaian dari sepuluh langkah yang digunakan dalam metode Result Based Management. Kelima langkah metode hasil penyesuaian tersebut meliputi:penilaian kesiapan, menyepakati outcome yang akan diukur, memilih indikator kinerja utama, menentukan data awal (baseline) dan adanya penetapan target.

Berdasarkan langkah-langkah tersebut, maka disajikan profil atas elemen yang akan diukur dan metode pengukurannya yaitu profiloutcome, indikator kinerja, baseline dan penetapan target masing-masing program tersebut sehingga dapat digunakan dalam menganalisis dan menentukan program yang akan dikaji lebih lanjut.Secara umum, hasil kajian awal ini menunjukkan variasi dari outcome, indikator kinerja, baseline dan penetapan target pada tujuh program yang dibiayai Bank Dunia, yaitu: Program Coremap, PNPM Perkotaan, PNPM Perdesaan, Spada, Pamsimas,  PPAUD, dan Rekompak. Dari tujuh program, hanya tiga yang sudah ditetapkanoutcomeapa yang diinginkan. Sementara itu, untuk indikator kinerja, hanya satu program yang  penetapan indikator kinerjanya ditentukan kemudian, sedangkanenam program lainnya sudah  ditetapkan indikator kinerjanya. Ataspenetapan baseline dan target yang ingin dicapai, menunjukkan bahwa hanya satu program, walaupun belum lengkap, yang sudah tersedia baseline-nya. Sedangkan untuk penetapan target yang ingin dicapai, hanya tiga program yang sudah ditetapkan targetnya.

Mengingat keberadaan elemen outcome, indikator kinerja, baseline dan penetapan target sangat penting dalam pengukuran outcome, maka diperlukankajian selanjutnyayang lebih mendalam terhadap elemen-elemen tersebutdengan menggunakan metode pengukuran yang tepat.

Adapun teknik pengumpulan data yang diusulkan untuk pengukuran outcome atas program yang dibiayai Bank Dunia adalah kuesioner, wawancara dan reviu dokumen yang disesuaikan di setiap tahapan. Untuk itu, pelaksanaan metode pengukuran tersebut memerlukan rancangan instrumen berupa daftar pertanyaan dan pedoman wawancara.


Share