Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

12.0795 - Ukuran dan Indikator Kinerja Individu Auditor pada Puslitbangwas BPKP

Dalam rangka memberi dukungan terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan kementerian/lembaga, BPKP menerbitkan antara lain Peraturan Kepala BPKP Nomor: PER-764/K/SU/2010 Tanggal 16 September 2010 tentang Sasaran Kinerja Individu (SKI) Pejabat Struktural eselon III dan IV, pejabat fungsional tertentu, serta pejabat fungsional umum di lingkungan BPKP. Hal ini sejalan dengan PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SIstem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pasal 35 ayat (2) huruf a yang menyatakan bahwa ukuran dan indicator kinerja ditetapkan untuk tingkat instansi pemerintah, kegiatan, dan pegawai.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, Puslitbangwas BPKP melakukan kajian Ukuran dan Indikator Kinerja Individu (IKI) Auditor yang Bekerja Pada Puslitbangwas BPKP. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan IKI Pejabat Fungsional Auditor (PFA) pada jenjang peran Pengendali Teknis, Ketua Tim, dan Anggota Tim yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya baik dalam kegiatan penelitian maupun nonpenelitian. Adapun manfaat kajian ini sebagai bahan masukan untuk menyusun standar dan sasaran kinerja individu (SKI) bagi auditor yang bekerja di Puslitbangwas BPKP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan ukuran dan IKI dilakukan berdasarkan aspek-aspek peran, kegiatan penelitian dan nonpenelitian, ukuran indikator, data yang dibutuhkan, serta sumber data. Untuk membedakan IKI auditor yang satu dengan lainnya dilakukan penilaian yang penghitungannya diperoleh berdasarkan (1) nilai “kegiatan” yang ditetapkan berdasarkan “tingkat kesulitan” sebagaimana diatur dalam draf Petunjuk Teknis SKI Buku 2; (2) nilai masing-masing “indikator” berdasarkan kriteria-kriteria indikator jumlah/output kegiatan, ketepatan waktu, dan kualitas pelaksanaan kegiatan; serta (3) kegiatan penelitian dan nonpenelitian dibedakan berdasarkan pertimbangan obyektif tim pengkaji dengan bobot masing-masing sebesar 80% dan 20% kemudian dijumlahkan untuk memperoleh nilai kinerja akhir setiap auditor.

Untuk mendukung penerapan IKI Auditor pada Puslitbangwas BPKP diperlukan beberapa langkah, antara lain sebagai berikut:

  • 1. Dilakukan sosialisasi penugasan dan kegiatan unit kerja yang mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) unit kerja, Penetapan Kinerja (Tapkin), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Program Kerja Pengawasan dan Pembinaan Tahunan (PKP2T), dan Program Kerja Administrasi Umum (PKAU) yang merupakan target kinerja bagi setiap pegawai;

  • 2. Setiap awal tahun anggaran, tugas-tugas yang dibebankan kepada bidang/bagian dibagi habis ke seluruh pegawai;

  • 3. Auditor harus membuat kertas kerja penelitian (KKP) sebagai sarana quality assurance;

  • 4. Disusun suatu pedoman review penelitian sebagai panduan dalam melakukan review terhadap setiap kegiatan penelitian;

  • 5. Harus dibuat dokumen fisik yang memadai untuk setiap kegiatan yang berfungsi sebagai bukti kinerja pegawai dan upaya terbentuknya tertib administrasi yang memacu peningkatan akuntabilitas.

 

<!--EndFragment-->


Share