Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

11.1080 - Knowledge Management dalam Budaya Kerja di BPKP

Pengetahuan (knowledge) merupakan aset yang perlu disusun (knowledge creation), dibagi (knowledge sharing), diterapkan (knowledge application), dan disimpan (knowledge storing) untuk keperluan organisasi. Pengelolan pengetahuan (knowledge management) sebagai sebuat aset merupakan upaya organisasi agar dapat terus menjaga produktifitas, kinerja, serta mutu pelayanan organisasi kepada masyarakat.

Manajemen pengetahuan dapat mendorong organisasi menjadi semakin cerdas dalam memahami jati dirinya sehingga dapat melakukan perubahan mendasar terkait dengan kepercayaan (belief), tujuan dan strategi (goals and strategies)  serta struktur dan proses (structures and processes) organisasi, yang ketiganya merupakan unsur dari budaya organisasi (organizational culture).  

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memahami bagaimana manajemen pengetahuan mempengaruhi budaya organisasi (organizational culture), dan begitu pula sebaliknya bagaimana budaya organisasi mempengaruhi manajemen pengetahuan. Selanjutnya hasil penelitian perlu dilanjutkan dengan melakukan verifikasi lapangan untuk mendapatkan gambaran yang lebih terukur mengenai relasi antara keduanya.


Share