Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

11.1090 - Peran Koordinasi dan Pembinaan Puslitbangwas BPKP atas Kegiatan Litbang Unit Kerja BPKP

Kegiatan penelitian dan pengembangan adalah seperti yang dirumuskan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sesuai dengan namanya, kegiatan utama Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) adalah melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pengawasan.

Dalam penyelenggaraan aktivitas tersebut, di satu pihak, kemungkinan terdapat kemiripan permasalahan yang dihadapi oleh unit-unit kerja sehingga penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja menjadi serupa (duplikatif) dan tidak efisien, serta belum didasarkan pada kesiapan SDM peneliti dan pedoman kelitbangan yang baku untuk menjaga mutu hasil litbang.

Mengingat tidak adanya penjabaran atau penjelasan lebih lanjut atas pasal 240 Keputusan Kepala BPKP Nomor KEP-06.00.00-80/K/2001 tanggal 20 Februari 2001 tentang Organisasi dan Tatakerja Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Biro Kepegawaian dan Organisasi berpendapat bahwa untuk tugas pembinaan dan koordinasi kegiatan penelitian dan pengembangan pengawasan dapat dilakukan dengan dua alternatif berikut.

Pertama, tugas tersebut dibebankan kepada bidang di Puslitbangwas yang mempunyai beban kerja atau workload yang lebih sedikit jumlahnya, untuk melaksanakan tugas pembinaan dan koordinasi kegiatan penelitian dan pengembangan pengawasan. Kebijakan penambahan tugas-tugas tersebut ke bidang yang dipilih diformalkan dalam bentuk surat perintah penugasan atau keputusan Kepala Puslitbangwas.

Kedua, tugas koordinasi penelitian dan pengembangan pengawasan diserahkan ke Bidang Program dan Kerjasama dengan alasan faktor kedekatan antara tugas koordinasi dengan tugas penyusunan program. Sedangkan tugas pembinaan kegiatan penelitian dan pengembangan pengawasan diserahkan pelaksanaannya ke Bidang Pemanfaatan dan Evaluasi dengan alasan faktor kedekatan antara tugas pembinaan dengan tugas evaluasi.


Share