Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

11.1027 - Keterhubungan Reformasi Birokrasi, SPIP, dan Budaya Kerja di Lingkungan BPKP

 

Keterhubungan antara SPIP, Buka dan Reformasi Birokrasi dapat ditunjukkan dengan adanya saling ketergantungan (interdependensi), sinergi dan integrasi dan kordinasi. Interdependensi terjadi karena 8 area perubahan atas Reformasi Birokrasi, dan 5 unsur yang terkandung dalam SPIP maupun  nilai-nilai luhur dalam Budaya Kerja organisasi saling berkaitan dan bersinggungan dan berinteraksi diantara komponen tersebut.

Demikian pula apabila diantara komponen ketiganya diintegrasikan, maka akan menghasilkan sinergitas sehingga dapat tercapai tujuan secara efektif. Selanjutnya kordinasi dapat dilakukan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing komponen yang tercapai tujuan. Hal tersebut diawali dengan penyusunan rencana masing-masing satgas, pelaksanaan, dan pemantauan serta pelaporan hasil kegiatannya.

Rekomendasi atau saran berdasarkan hasil kajian tersebut adalah Budaya kerja difokuskan unutk membangun inti (core) manusia, membangun system atau hard control SPIP, sehingga Reformasi dapat terbangun dengan baik apabila system dan budya kerja berjalan dengan baik. Oleh karena terkait dengan penaytuan Satgas diantara ketiganya dapat dilakukan restrukturisasi yakni Satgas SPIP dan Budaya Kerja berada pada level Eselon I dan II Mandiri, sedangkan Satgas Reformasi Birokrasi berada di level organisasi pusat.


Share