Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

11.1002 - Pengawasan Intern BPKP terhadap Akuntabilitas KN atas Kegiatan Kebendaharaan Umum Negara

Pengawasan terhadap pengelolaan dan pertanggungjawaban kegiatan BUN tersebut dilakukan baik berupa pengawasan internal maupun eksternal. Sesuai dengan kewenangannya, pengawasan eksternal dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagaimana diamanatkan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara, sementara pengawasan internal dilakukan oleh BPKP dan APIP lainnya sebagaimana diamanatkan PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP sepanjang ditetapkan oleh Menteri Keuangan selaku BUN.

Dalam pelaksanaannyaterlihat masih ditemui permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan BUN tersebut sehingga tujuan dari pengelolaannya belum tercapai secara optimal. Di samping itu juga, sistem pengelolaan belum sepenuhnya dibangun secara memadai sehingga laporan keuangan atas pelaksanaan pengelolaan tersebut belum bisa dihasilkan.

Sehingga untuk itu, pengawasan intern oleh BPKP perlu lebih dioptimalkan, bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan atas pengelolaan kegiatan BUN, terutama dalam bentuk kegiatan pengawasan sebagai berikut:

  1. BPKP melakukan evaluasi dan/atau audit kinerja atas pengelolaan kas, pengelolaan utang dan hibah, pengelolaan penerusan pinjaman, pengelolaan investasi pemerintah, pengelolaan transfer ke daerah, dan pengelolaan belanja subsidi dan belanja lain-lain.
  2. BPKP bersama-sama dengan Itjen Kementerian Keuangan melakukan audit kinerja, reviu, dan/atau pemantauan atas pengelolaan transaksi khusus dan pengelolaan badan lainnya.

BPKP melakukan kegiatan consulting untuk memperbaiki sistem pengelolaan kas, dan sistem pengelolaan utang dan hibah. Di samping itu, BPKP melakukan kegiatan consulting dalam rangka membangun sistem pengelolaan transaksi khusus dan sistem pengelolaan badan lainnya.


Share