KEDEPUTIAN POLSOSKAM SIAP IMPLEMENTASIKAN REFORMASI BIROKRASI DAN SPIP DALAM BALUTAN BUDAYA KERJA

 

Sangat disadari bahwa di tengah kepercayaan yang diemban BPKP semakin besar, seiring dengan terbitnya PP 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Inpres 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara, dan Inpres 9 Tahun 2011 tentang Rencana  Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2011, mendesak untuk diwujudkannya sinergi antara Reformasi Birokrasi, SPIP, dan Budaya Kerja. Hal tersebut yang melatarbelakangi dilaksanakannya Rapat Kerja Kedeputian Polsoskam Tahun 2011 yang diikuti oleh hampir seluruh pegawai di lingkungan Kedeputian Polsoskam.


Saat mengawali pelaksanaan outbound dan mind setting yang merupakan bagian dari pelaksanaan Raker, Deputi Polsoskam Achmad Sanusi menegaskan perlunya Kedeputian Polsoskam melakukan akselerasi implementasi SPIP, baik sebagai pembina maupun sebagai penyelenggara SPIP. Lanjut beliau, perlu ditanamkan rasa percaya diri yang besar di kalangan penggiat SPIP dan keyakinan bahwa implementasi SPIP adalah bagian dari terwujudnya akuntabilitas keuangan negara. Deputi  yang didampingi oleh Dirwas Lembaga Pemerintah Bidang Hankam Justan R. Siahaan, Dirwas Lembaga Pemerintah Bidang Hankam Hadi, Dirwas Lembaga Pemerintah Bidang Kesra Agus Witjaksono, dan Dirwas Lembaga Pemerintah Bidang Polsoskam Lainnya Teguh Widhyo Utomo beserta kasubdit dan pegawai lainnya tersebut bahkan ikut serta dalam outbound yang digawangi oleh Bagian Tata Laksana Biro Kepegawaian dan Organisasi BPKP. Usai outbound, keluarga besar Kedeputian Polsoskam mengikuti sesi mind setting yang dibawakan oleh Tim dari Source Mind, Body, and Soul dimaksudkan sebagai sarana untuk merubah pola pikir kita bahwa sesungguhnya setiap pegawai memiliki potensi energi positif yang dapat diaktualisasikan untuk optimalisasi kinerja pegawai tersebut.


Raker Deputi Polsoskam kali ini menelurkan action plan implementasi SPIP, Budaya Kerja, dan Reformasi Birokrasi untuk tahun 2012, disamping diperolehnya bahan penting sebagai bagian dari penyusunan LAKIP dan Tapkin Deputi Polsoskam Tahun 2012. Direktur PLP Bidang Kesra selaku Ketua Panitia Agus Witjaksono menyampaikan berita bagus untuk warga deputi Polsoskam, yaitu capaian kinerja Deputi Polsoskam per 31 Oktober 2011 sebesar 110,50% di mana pengawasan BUN memberikan kontribusi terbesar, yaitu 214,30%. Sedangkan capaian terendah ada pada kegiatan Pembinaan SPIP (35,90%). Untuk itu, Deputi berharap, ada upaya serius untuk membangun SPIP di lingkungan Deputi Polsoskam (milleza/mario).