Bimtek Pedoman Pengawasan PNBP pada DITJEN Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan

The Hermitage-Jakarta (13-16 Oktober 2021) Direktorat Pengawasan Bidang Infrastruktur Tata Ruang dan Perhubungan ( Ditwas ITRP) melaksanakan Bimbingan Teknis Pedoman Pengawasan PNBP pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, acara dibuka oleh Yono Andi Atmoko selaku Direktur Pengawasan Bidang Infrastruktur Tata Ruang dan Perhubungan dan Rosita Sinaga, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Sesitjen) di hadiri oleh enam Perwakilan BPKP yaitu Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Maluku Utara dan BPKP Provinsi Papua Barat.

Dalam Sambutan-nya Sesitjen merasa senang dan bersyukur karna bisa hadir, tatap muka  di tengah tengah  BPKP yang melaksanankan penugasan ini beliau memberikan apresiasi kepada BPKP bahwasanya harapan Inspektorat Jenderal (Itjen) ada di tangan BPKP, dua hal yang akan kami catat pertama hasil pelaksanaan ini akan kami laporkan kepada Menteri Perhubungan dan yang kedua hasil ini dapat menjadi masukan bagi Itjen dalam melaksanakan kegiatan pengawasan untuk menggali potensi – potensi dari pemetaan penerimaan negara pada sektor lainnya. Diakhir sambutannya Sesitjen menyampaikan semoga Bimtek Pedoman PNBP dan Pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik, lancar dan mendapat  sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

Berlanjut sambutan dan arahan Direktur Ditwas ITRP disampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Sesitjen dan Staf, dalam penyusunan pedoman bimtek ini memang harus bertemu, berdiskusi agar bisa memperkaya muatan dalam pedoman ini. BPKP dan Itjen tidak boleh berjalan sendirian kita bersama pada level yang sama sehingga segala hal yang akan kita lakukan akan menjadi mudah. PNBP ini tetap menjadi tanggung jawab Sesitjen kami BPKP membantu meningkatkan kemampuan SDM kami terkait penugasan PNBP ini, “pungkasnya. Lebih lanjut ditambahnya, jaga integritas dan kejujuran karena kejujuran adalah mahkota pengawasan, kalo orang professional bicara dua hal kompetensi dan integritas, demikian pimpinan kita selalu berpesan, “ujarnya.

Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Perhubungan Taufik Anwar dan tim Bimtek PNBP dari Ditwas ITRP melanjutkan jalannya Bimtek ini, disampaikannya bahwa latar belakang penugasan ini adalah Surat Menteri Perhubungan RI Nomor KU.102/19/20.PHB.2021 Tanggal 15 Juli 2021 tentang Koordinasi Optimalisasi PNBP dan Surat Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Nomor KU.102/7/23/ITJEN/2021 tanggal 17 Juli 2021 mengenai Permintaan Pelaksanaan Pengawasan atas 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) di sebelas lokasi tersebar.

Dalam pemaparannya pedoman memberikan acuan/guidelines atas hal-hal yang pokok, sehingga unit kerja pengawasan/tim dapat menambah atau mengembangkan program kerja pengawasan yang diperlukan sesuai kondisi dan risiko pengawasan yang dihadapi oleh masing-masing unit kerja pengawasan/tim sehingga mencapai tujuan Pengawasan yaitu memberikan keyakinan terbatas atas kesesuaian pengelolaan PNBP di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku, mengidentifikasi hambatan/kelemahan pencapaian target dan tata kelola PNBP, mengidentifikasi potensi peningkatan PNBP, memberikan saran untuk perbaikan pengelolaan PNBP di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan  output yang diharapkan dari kegiatan pengawasan tata kelola PNBP di DJPL adalah saran perbaikan tata kelola dalam rangka optimalisasi realisasi PNBP subsektor Perhubungan Laut.

Kegiatan ini berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) meskipun pandemi COVID 19 sudah bisa dikendalikan . sesi acara berlangsung dengan diskusi dan tanya jawab dari seluruh peserta.  diakhir acara di tutup oleh Direktur Ditwas ITRP dengan menyampaikan pesan dari Deputi Kepala BPKP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, “segera dilaksanakan penugasan pengawasan PNBP dan penugasan ini dapat dimasukan sebagai PKPT Tambahan di SIMARENLAKPOR, Jaga kesehatan, integritas dan sampaikan salam kepada keluarga dan teman-teman di Perwakilan dan selalu tetap Prokes”.

(RS-Kominfo D1)