BPKP Pabar Kawal PSN Pembangunan Bandara Siboru Fakfak

Fakfak (24/06/2022)- Bandara Siboru menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dicanangkan oleh pemerintah. Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun daerah, dan/ atau badan usaha yang memiliki sifat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

Tim Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat turut mengawasi kemajuan proyek-proyek tersebut, salah satunya dengan melakukan reviu terhadap Pembangunan Bandara Baru Siboru. Kegiatan reviu ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan PSN berjalan tepat waktu dan tepat mutu sehingga tujuan PSN tersebut dapat tercapai. Pembangunan Bandara Siboru yang terletak di Distrik Wartutin Kabupaten Fakfak telah dimulai pada tahun 2020 lalu dan direncanakan selesai serta siap diresmikan pada bulan November 2022.

Pembangunan Bandara Siboru Fakfak dibagi menjadi dua bagian, yaitu pembangunan sisi udara yang sampai saat ini sudah terealisasi 80% sedangkan pembangunan sisi darat telah mencapai 30%.  Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), bandara ini diharapkan dapat mendorong investasi, pariwisata dan potensi ekonomi lainnya di wilayah Papua Barat.

(Kominfo BPKP Pabar)