Pastikan Telah Sesuai Standarnya, BPKP NTB Lakukan Reviu PSN PLTU Lombok FTP-2

Selong - Pembangunan pembangkit listrik bertujuan untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat dengan kualitas yang baik, merata, dan harga yang wajar serta untuk mengantisipasi kebutuhan energi listrik yang selalu meningkat setiap tahunnya selaras dengan peningkatan kegiatan perekonomian.

Untuk mendukung perkembangan ekonomi di Pulau Lombok dan menyalurkan daya listrik dimana sebagian besar masih disumbang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan sesuai RUPTL 2017-2026, maka PT.PLN (Persero) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap Lombok FTP-2 di Desa Padak Guar Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan PLTU Lombok FTP-2 ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam kunjungannya Rabu (7/7), Kepala Perwakilan BPKP NTB Dessy Adin beserta Tim Bidang AN BPKP NTB melakukan Reviu atas Tata Kelola PSN tersebut.

Dari hasil reviu tersebut, secara umum pembangunan PSN tersebut telah terlaksana dengan memadai dari berbagai segi aspek meliputi penyiapan proyek, pendanaan, jaminan pemerintah, perijinan/non perijinan, pengadaan barang/jasa, tata ruang, pemenuhan komponen dalam negeri, pengawasan dan pengendalian proyek, regulasi proyek, dan cipta kerja.

Proyek yang dikerjakan oleh Consortium Of PT. Rekayasa Indsutri-Rafako S.A selaku kontraktor ini sampai dengan Juni 2021, progress pekerjaan sudah mencapai 67%, dan target penyelesaiannya pada Agustus 2022.

(Kominfo BPKP NTB)