Bantu APIP Daerah, BPKP Adakan Workshop Aplikasi Siswaskeudes

Mataram - Siapa yang tidak asing mendengar istilah Aplikasi Siswaskeudes? Eitttt berbeda dengan Siskeudes ya.

Perbedaannya, kalo Aplikasi Siskeudes merupakan Aplikasi Penatausahaan Pengelolaan Keuangan Desa bagi Aparat Pemerintah Desa.

Sedangan Aplikasi Siswaskeudes, merupakan Aplikasi Pengawasan atas Pengelolaan Keuangan Desa bagi APIP Kab/Kota dengan pendekatan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) dan Risk Based Audit.

Aplikasi yang bertujuan untuk membantu APIP dalam mengoptimalkan peran pengawasan keuangan desa yang efektif dan efisien ini merupakan hasil kerjasama BPKP dengan Kemendagri yang mengacu pada Permendagri No.73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa.

Senin (14/6), bertempat di Aula Inspektorat Provinsi NTB telah diadakan Workshop Pengawasan Atas Pengelolaan Keuangan Desa Dengan Menggunakan Aplikasi Siswaskeudes. Workshop yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 14-16 Juni 2021 ini diikuti oleh seluruh Inspektorat Kabupaten se-Provinsi NTB. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah peserta, bagi Inspektorat Kabupaten yang tidak hadir secara langsung mengikuti kegiatan tersebut via daring.

Adapun beberapa narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia beserta jajaran tim teknis dari BPKP Pusat, serta Inspektur III  Irjen Kemendagri, Elfin Elyas beserta jajaran.

Tidak hanya para APIP Inspektorat se-Provinsi NTB saja yang hadir, Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariadi juga turut hadir untuk membuka secara resmi acara tersebut.

(Kominfo BPKP NTB)