BPKP Malut Pastikan Penilaian Kapabilitas APIP Sesuai Regulasi

Pada rentang bulan Oktober dan November, BPKP Perwakilan Maluku Utara melalui Tim Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A) melakukan evaluasi Kapabilitas APIP level 3 pada Inspektorat Daerah Provinsi Maluku Utara, Inspektorat Daerah Kota Tidore Kepulauan, Inspektorat Daerah Kota Ternate, Inspektorat Daerah Kabupaten Halmahera Barat dan Inspektorat Daerah Kabupaten Halmahera Selatan. Evaluasi dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas hasil Penilaian Mandiri (PM) Kapabilitas APIP level 3 yang dilakukan oleh pihak Inspektorat Daerah. Kegiatan PM Kapabilitas APIP dan Evaluasi atas PM Kapabilitas APIP sendiri difasilitasi dengan Aplikasi Penilaian Kapabilitas APIP berbasis Website.

Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP dilakukan oleh pegawai yang ditunjuk sebagai Asesor dengan pengisian data profil triwulanan Inspektorat pada Menu Profil APIP dan Penilaian Mandiri. Ada tujuh jenis data profil triwulanan antara lain: Profil Anggaran Realisasi; Profil Pengawasan; Profil Realisasi Kegiatan Operasional; Profil Trend Perbaikan Governance; Profil Struktur Komposisi SDM; Profil Sertifikasi Profesional SDM; dan Profil IT. Selanjutnya, Asesor  melakukan Penilaian Mandiri dengan melakukan pemenuhan dokumen dan uraian atas pertanyaan dari 6 Elemen dengan sub unsur 18 Topik yang menjadi kriteria penentuan level Kapabilitas APIP yang mengacu pada Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor 8 Tahun 2021 tentang  Penilaian Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Berdasarkan hasil penilaian mandiri, Perwakilan BPKP Maluku Utara melaksanakan evaluasi dengan melakukan validasi atas ketepatan pengisian data dan relevansi bukti-bukti yang disampaikan dengan indikator penilaian Kapabilitas APIP. Evaluasi terhadap penilaian Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah mengacu pada Surat Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD Nomor-686/D3/04/2022 tanggal 6 Juli 2022 perihal Percepatan Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraaan SPIP Terintegrasi, MRI, dan Kapabilitas APIP Tahun 2022, pengujian difokuskan pada topik terkait Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko, Pengembangan SDM dan pelaksanaan Peran dan Layanan berupa audit ketaatan, audit kinerja, assurans atas GRC, dan jasa konsultasi.

(Kominfo BPKP Malut/Yosafat)