Sinergi BPKP Malut dan KPK Mengawal Akuntabilitas Pajak Daerah

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto bersama KPK  melakukan Peninjauan Lapangan pada Perusahaan Tambang di Halmahera Timur. Kegiatan ini diawali dengan diskusi bersama antara Ketua Satgas Direktorat Wilayah V Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi beserta Tim, perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara, Kepala KPP Pratama Tobelo, perwakilan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur, dan perwakilan perusahaan tambang yang ada di wilayah Kabupaten Halmahera Timur.

Diskusi dilaksanakan pada Minggu pagi (30/10/2022) bertempat di meeting room PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara. Diskusi ini bertujuan meninjau permasalahan penerapan regulasi di area pertambangan, kepatuhan perusahaan tambang dalam pemenuhan kewajiban perpajakan, dan mencari titik temu atas permasalahan yang terjadi. Pada akhir kegiatan Peninjauan Lapangan, dilakukan peninjauan lokasi area pertambangan milik PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara dengan kegiatan terbatas dikarenakan cuaca yang tidak mendukung.

Dalam melakukan Peninjauan Lapangan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara didampingi oleh Tim Bidang Akuntabiltas Pemerintah Daerah (APD) yaitu Monika Jayatri, Hafizh Taufiqurrohman, dan Amril Asyari Baguna.

(Kominfo BPKP Malut/ Hafizh)