BPKP Malut Dorong Inspektorat Tikep Tingkatkan Nilai MCP

Selasa Siang (21/06/2022), Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menerima kunjungan dari Inspektur Daerah Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy didampingi oleh Irban Khusus  dan Staf. Kedatangan mereka disambut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Her Notoraharjo dan Pejabat Fungsional Auditor Dedy Rahman. 

Kegiatan yang berlangsung di ruang Kepala Perwakilan, Inspektur Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy membuka perbincangan dengan menyampaikan maksud kedatangannya untuk bersilaturahmi sekaligus berkonsultasi terkait pemenuhan indikator-indikator Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam hal ini, Arif menyampaikan bahwa Inspektorat bersama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berkomitmen untuk memenuhi semua parameter MCP di Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Selain itu, Arif juga menyampaikan bahwa Inspektorat Daerah Tidore Kepulauan akan selalu mengawal akuntabilitas keuangan daerah dan selalu mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan kerugian daerah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto menyampaikan bahwa BPKP akan selalu mendukung dan mendampingi dalam pemenuhan parameter MCP dari KPK. Edy berharap dengan adanya peningkatan MCP di daerah, dapat mencegah terjadinya penyimpangan yang mengakibatkan kerugian keuangan negara/daerah. Selain itu, Edy selalu mendorong Inspektorat Daerah agar meningkatkan kapabilitas auditornya sehingga pengawasan di daerah bisa lebih maksimal, BPKP siap membantu dalam peningkatan kapabilitas APIP.

 

(Kominfo BPKP Malut/Dedy)