BPKP Malut Dorong Peningkatan Kapabilitas APIP Daerah Se-Provinsi Maluku Utara

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP dan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) bagi Inspektorat Daerah Se-Provinsi Maluku Utara pada pagi ini (07/03/2022). Acara ini di gelar di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang APD Safi’ Mahmud, Korwas Bidang P3A Edy Pramono, Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali, APIP Daerah Se-Provinsi Maluku Utara, dan Tim P3A. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas APIP minimal dapat mencapai level 3.

Dalam kesempatan ini Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BPKP Maluku Utara atas terselenggaranya acara ini. Lanjutnya, Nirwan menyampaikan bahwa kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) APIP di Maluku Utara membuat para APIP dituntut untuk bekerja keras dalam menyelesaikan semua tugasnya. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, Nirwan selalu berpesan kepada seluruh APIP untuk selaku meningkatkan Kapabilitasnya dengan mengikuti Bimbingan Teknis maupun diklat. Disamping itu dengan kapabilitas yang baik APIP tidak sekedar menemukan permasalahan tapi juga memberikan peringatan dini agar permasalahan tidak terjadi. Tidak hanya itu, Nirwan juga berpesan kepada APIP agar dapat berkonsultasi kepada tim BPKP saat menemukan permasalahan sehingga penugasan dapat diselesaikan dengan baik.

Acara ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Edy Suharto dengan ketukan palu. Dalam sambutannya, Edy menyampaikan bahwa tugas APIP di daerah sangat banyak, untuk menyelesaikan semua tugas maka APIP perlu meningkatan kapasitas SDM-nya. Peningkatan kapasitas SDM APIP mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Level Kapabilitas APIP yang diharapkan pada posisi level 3 yaitu telah melaksanakan assurance dan consulting. Perlu effort yang tinggi untuk meningkatkan menjadi level 3 Kapabilitas APIP, mengingat masih banyaknya keterbatasan SDM APIP di Pemda, baik dalam jumlah maupun kompetensi/kapasitasnya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan pemaparan materi oleh Instruktur P3A, APD dan Investigasi dalam memaparkan peran APIP dalam meningkatkan Kapabilitas APIP dan sekaligus mendukung SPIP terintegrasi.

(Kominfo BPKP Malut/April)