kunjungan pertama ke mitra kerja Pemerintah Daerah Kab. Halsel sejak dilantik pada 17 Mei 2016

Senin tanggal 20 Juni 2016

Bertempat di Ruang Bupati Halmahera Selatan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Indra Khaira Jaya bersilaturahmi ke Bupati Halmahera Selatan sekaligus sebagai kunjungan pertama ke mitra kerja Pemerintah Daerah sejak melaksanakan tugas di maluku utara 1 Juni 2016. Dalam kunjungan pada Senin tanggal 20 Juni tersebut  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara didampingi Koorwas bidang Perencanaan, pelaporan dan Pembinaan APIP, Koorwas bidang Akuntan Negara dan Koorwas bidang Instansi Pemerintah Pusat.
Sementara itu Bupati Halmahera Selatan,Bahrain Kasuba, didampingi oleh Wakil Bupati  Halmahera Selatan, Iswan Hasjim, Asisten Sekda bidang Administrasi, Muklis, serta Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan.
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyampaiakan maksud kunjungan ke Kabupaten Halmahera Selatan sebagai perkenalan kepada mitra BPKP. Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa BPKP Maluku Utara menginginkan Kabupaten Halmahera Selatan menjadi icon bagi pemda di provinsi Maluku Utara, karena Pemda Halmahera Selatan sudah terbukti mendapatkan opini WTP dari BPK RI, hal ini perlu kita pertahankan jangan dibiarkan begitu saja. WTP hanya administrasinya yang lebih penting lagi kualitas perkira-kiraan yang tersaji dalam laporan keuangan agar  terhindar dari masalah-masalah hukum. Dalam tata kelola pemerintah yang baik diutamakan adalah : bidang keuangan, bidang perencanaan dan bidang administratif birokrasi.
Disamping itu Indra Khaira Jaya  menyampaikan peran dan fungsi APIP dalam pengawalan kebijakan pemerintah , peningkatan kapabilitas APIP serta maturitas pelaksanaan SPIP di lingkungan Pemda Halsel. Kepala BPKP Provinsi Maluku Utara juga memberikan masukan tentang peran BUMD yang dapat memberikan kontribusi fiskal bagi pemda serta peran Rumah Sakit daerah dalam melaksanakan dan pengawalan program jaminan kesehatan nasional di Halmahera Selatan. Selanjutnya Kepala Perwakilan juga menambahkan agar bupati dan wakil bupati  memasukan pada Peraturan Daerah RPJMD 2015- 2019 tentang target leveling kapabiltas APIP dan maturitas SPIP pada level 3 di tahun 2019.
Di akhir kunjungan Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan berterima kasih kepada Kepala BPKP Maluku Utara dan jajarannya yang selama ini memberikan kontribusi yang positip bagi kemajuan pemda Kabupaten Halmahera Selatan, dan mereka menginginkan agar BPKP Malut terus memberikan kontribusi terutama dalam pendampingan penyusunan Standar Operating Procedure (SOP) dan capacity building sehingga administrasi pemerintahan terhindar dari kesalahan yang dapat  berujung pada masalah hukum.
 
(Koresponden : Sunarto, Imam Arifin)