Ketua Perpamsi Maluku Mendorong agar PDAM Se-Maluku Implementasikan Program SIA dan Billing System

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dalam sambutannya menyampaikan pentingnya PDAM untuk menerapkan Good Corparate Governance dan Good Corporate Management, dimana SIA dan Program Billing System merupakan salah satu tools yang dapat digunakan oleh PDAM untuk mempermudah dan mempercepat pencatatan dan pelaporan aktivitas keuangan perusahaan yang pada akhirnya dapat menunjang tercapainya penerapan GCG dan GCM pada PDAM. Drs.Edwin Patikkawa menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Maluku yang menaruh perhatian besar terhadap kemajuan dan kinerja PDAM, serta berharap seluruh PDAM dapat memanfaat kesempatan ini dengan baik.

 

Dalam sambutannya, Ketua Perpamsi Maluku juga mendorong agar seluruh PDAM se Provinsi Maluku dapat mengimplementasikan Program SIA dan Billing System ini, karena dalam prakteknya sangat mendukung kelancaran dalam penyelesaian tugas, khususnya penyajiaan laporan kepada Pemilik Modal. Edwin Patikkawa juga menyampaikan manfaat yang diperoleh PDAM Kota Ambon setelah menjalin kerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, yang telah mengimplementasikan SIA PDAM dan Billing System sejak tahun 2009.


Sosialisasi dipandu langsung oleh Programer SIA dan Program Billing System dari BPKP Pusat bapak Sapto Wibowo, dalam pemaparanya disampaikan bahwa SIA dan Billing System yang dibangun oleh BPKP sudah banyak digunakan oleh PDAM di seluruh Indonesia, dimana software ini memberikan beberapa keunggulan karena sengaja dirancang secara fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

 

SIA PDAM atau yang dikenal dengan SIKOMPAK merupakan software Sistem Akuntansi Perusahaan Daerah Air Minum terintegrasi yang dapat diimplementasikan dengan suatu sistem jaringan. Peserta sosialisasi sangat antusias terhadap kegiatan ini karena, program ini merupakan program yang sangat diharapkan oleh PDAM selama ini, dan berharap Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dapat memberikan pendampingan dalam implementasi SIA dan Program Billing System pada masing-masing PDAM. Sosialisai diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori Viktor H. Siburian selaku Kepala Bidang Akuntan Negara. Acara ini berlangsung dengan sangat komunikatif dan mendapat antusiame dari seluruh peserta. (Humas Promal)