FGD Kapabilitas APIP dalam Mendukung SPIP Terintegrasi

Ambon (4/8) Bertempat di aula Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, pada hari ini Kamis tanggal 4 Agustus 2022, dilaksanakan FGD Kapabilitas APIP dalam Mendukung SPIP terintegrasi.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Yunaedi menyampaikan "Pentingnya kolaborasi antara Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dengan BPKP dalam melakukan kegiatan pengawasan seperti P3DN, pengumpulan data profil desa, monitoring minyak goreng serta pendampingan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP terintegrasi". Acara FGD yang dibuka pada pukul 09.15 WIT ini juga merupakan ajang silahturami setelah kurang lebih dua tahun tidak dapat bertatap muka karena pandemi Covid 19 yang melanda.

Berbagai topik yang dibahas dalam FGD yang akan dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri oleh seluruh inspektur se-provinsi Maluku ini antara lain : (1) Overview SPIP Terintegrasi, (2) Manajemen Resiko Pemerintah Daerah, (3) Peningkatan Kapabilitas APIP, (4) Indek Efektifitas Pengendalian Korupsi, (5) Maturitas SPIP dan Pengenalan e-SPIP, (6) Pengawasan Lintas Sektoral dan Pemberdayaan BUMDes.

Dengan adanya FGD ini, dimana maturitas SPIP dan Manajemen Risiko rendah maka APIP sebagai lini pertahanan ketiga (three lines of defense) diharapkan dapat mengedepankan fungsi consulting untuk mendampingi dan mendorong penerapan SPIP terintegrasi dan Manajemen Risiko di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah kerjanya masing-masing.

 

KOMINFO BPKP MALUKU

ALE RASA BETA RASA