BPKP Peduli Bencana Way Ela Maluku Tengah

Dalam kunjungan tersebut, Endrang beserta jajaran disambut oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah  Bob Rachmat. Sejumlah bantuan dari pegawai BPKP diberikan kepada korban bencana melalui Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut Endrang, kegiatan pemberian bantuan korban bencana tersebut merupakan implementasi atas kebijakan pemerintah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2008 Tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana. Dalam peraturan tersebut,  pemerintah menegaskan bahwa sumber dana untuk penanggulangan bencana dapat berasal dari APBN, APBD, dan atau masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bob Rachmat mengucapkan terima kasih atas partisipasi pegawai BPKP. Dia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal bagi warga yang sedang mengalami musibah. Disamping itu Perwakilan BPKP Provinsi Maluku saat ini sedang melakukan pendampingan tertib administrasi dan akuntabilitas pemanfaatan dana DSP (Dana Siap Pakai) yang bersumber dari BNPB, jelas Bob.

Bob juga menjelaskan bahwa jebolnya waduk alam Way Ela telah mengakibatkan tiga blok pemukiman terhanyut oleh air bah, yaitu SOA/RTU Lisihu, Elatua, dan Hanalelu. Sedangkan tempat tinggal yang rusak dan hanyut sebanyak 525 unit. Sarana fasilitas umum yang rusak antara lain sarana air bersih, dua mushala, puskesmas, tower telkomsel. Sedangkan sarana pendidikan yang rusak meliputi tiga unit SD, satu unit SMA, satu unit taman pengajian, dan satu unit Taman Kanak-Kanak, ungkap Bob.

“Untuk membangun kembali sarana dan prasarana tersebut, saat ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit, kurang lebih mencapai Rp10 Miliar. Kebutuhan dana tersebut sudah dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi untuk selanjutnya disampaikan ke Pemerintah Pusat,” pungkas Bob.