Inpres Percepatan Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Negara Kab. Way Kanan


Pada kesempatan tersebut, M. Bahdin mengajak seluruh jajaran Pemda Kabupaten Way Kanan untuk segera merealisasikan amanah Presiden untuk mempercepat peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan Negara melalui pengelolaan keuangan Negara sebagaimana tertuang dalam inpres tersebut. Hal tersebut disampaikan M. Bahdin di hadapan Bupati Way Kanan, H. Bustami Zainudin, S.Pd. yang didampingi Wakil Bupati, Sekda, dan Inspektur Kabupaten Way Kanan beserta stafnya di Ruang Kantor Bupati.

Menurut M. Bahdin, pengelolaan Keuangan Negara yang berkualitas ditandai dengan pelaksanaan program pembangunan yang efisien, efektif, dan transparan serta diperolehnya opini wajar tanpa pengecualian dalam penyajian laporan keuangan.

Untuk itu, antara Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dan Jajaran Pemkab Way Kanan akan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan yang dituangkan dalam rencana aksi pelaksanaan inpres nomor 4 tahun 2011.

Pertama-tama, identifikasi atas kegiatan yang merupakan current issue terutama terkait dengan pelayanan publik, program pembangunan yang langsung menyentuh ke masyarakat seperti pemberian bantuan beras kepada keluarga miskin, dan pengelolaan aset dan kedua pengawalan atas pengelolaan kegiatan oleh BPKP dalam bentuk asistensi. Selanjutnya, untuk memberikan jaminan keberhasilan, dilaksanakan evaluasi dan untuk hal-hal tertentu dapat dilakukan audit.

Bupati Way Kanan, pada kesempatan tersebut, menyatakan mendukung langkah Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dan akan menyiapkan perangkat yang diperlukan. Selain itu, untuk mendukung program tersebut, BPKP diminta dapat memberikan pelatihan kepada para calon auditor yang nantinya akan diberdayakan dalam kegiatan evaluasi dan audit.

Kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung diakhiri dengan peninjauan ke Pangkalan Udara Gatot Subroto yang berada di Way Tuba. Pangkalan Udara tersebut diproyeksikan dapat digunakan untuk penerbangan komersial yang akan mendukung perkembangan perekonomian Kabupaten Way Kanan di masa yang akan datang.



ARSIP BERITA