Knowledge Sharing di Library Cafe BPKP

Jakarta – Story Telling ASN, Dosen, Penulis Buku, dan Motivator Parenting menjadi tema dalam acara Knowledge Sharing di Library Cafe BPKP Pusat yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022. Sumitro, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menjadi narasumber dalam acara tersebut dan berkesempatan memberikan sharing knowledge kepada seluruh pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebab, acara tidak hanya diselenggarakan secara luring di Library Café BPKP Pusat, tetapi juga secara daring.
Selama 39 tahun lebih mengabdi di BPKP dan 19 kali dimutasi di seluruh Indonesia, Sumitro menyampaikan caranya beradaptasi, yaitu dengan menyikapi semuanya dengan penuh rasa syukur, bahagia, dan penuh motivasi. Bahkan tidak ada konsep jenuh dalam hidup Sumitro, karena Sumitro selalu mengisi waktu dengan kegiatan produktif dan bermanfaat bagi orang banyak. Sumitro juga telah menyusun jadwal yang rinci, serta meniatkan segala pekerjaan yang dilakukan untuk ibadah kepada-Nya.
Kalau mau menaklukkan orang caranya adalah dengan mengajak makan. Hal tersebut dipelajari Sumitro dari Presiden RI, Joko Widodo. Sumitro sering mengajak makan bersama pegawai THL dan satpam di kantor. Selain untuk bisa lebih akrab dengan mereka, Sumitro juga dapat membagikan rezeki yang dimilikinya.
Sumitro selalu berupaya menjaga silaturahmi dengan para pimpinan stakeholder dan mitra BPKP. Sehingga, diharapkan setiap ada penugasan yang dilaksanakan oleh auditor BPKP pada instansi tersebut, pekerjaan dapat dilaksanakan lebih mudah dan lancar.
Mengajar dan menjadi seorang dosen merupakan cara Sumitro untuk menularkan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain. Karena baginya, sesedikit apapun ilmu yang disampaikan kepada orang lain tersebut dapat menjadi amal jariyah dan berkah dari Allah SWT.
Sumitro menerapkan manajemen risiko tak hanya dalam pekerjaan, tetapi juga dalam keluarganya. Sejak remaja Sumitro sudah memiliki gambaran bagaimana saat sudah dewasa ingin menikah dengan istri yang cantik dan pintar, karena anak pintar lebih banyak diwariskan oleh ibunya. Visi dan program juga sudah disusun dengan sangat baik dan terinci. Bahkan, Sumitro telah melakukan pemetaan risiko didalamnya.
Dengan mengkomunikasikan segala manajemen risiko tersebut, membuat anak-anak juga paham apa yang harus mereka lakukan. Menulis buku parenting diawali dengan permintaan rekannya untuk membuat buku, karena tahu bagaimana anak-anak Sumitro menjadi cerdas dan istimewa. Sehinga, hal itu membuat orang-orang disekitar Sumitro penasaran tentang bagaimana cara mendidik anak-anaknya selama ini.
Dalam berbagai kesempatan menjadi seorang narasumber, Sumitro selalu menjadikan foto keluarga sebagai cover. Hal ini karena Sumitro menjadikan keluarga sebagai sosok yang sangat penting dalam kehidupan dan karirnya. Selain itu, Sumitro juga ingin menyampaikan bagaimana cara menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak orang disekitarnya.
Bekal keimanan dan ketakwaan harus ditanamkan bagi anak-anak sejak dini, karena hal tersebut akan menjaga mereka sampai dewasa sekalipun orang tua tidak berada di dekatnya. Itulah segala upaya dan kerja keras Sumitro selama mengabdikan dirinya selama 39 tahun di BPKP untuk negeri Indonesia tercinta. Semoga hal-hal dan segala pelajar baik untuk #hadirbermanfaat dan menjadi #kianbermana dapat juga kita terapkan bersama baik dalam pekerjaan maupun dalam keluarga.

#Humas BPKP Lampung