Rapat Kerja AAIPI wilayah Provinsi Lampung

Lampung Tengah – Selasa (22/03) Rapat pembahasan rencana program kerja AAIPI wilayah Provinsi Lampung periode 2021-2024 dilaksanakan dengan sangat hikmat bertempat di kantor pemerintah Kabupaten Lampung Tengah.

Sebagai Ketua DPW AAIPI Provinsi Lampung, Sumitro, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menyampaikan sambutan sekaligus pengarahan. Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

a.       Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan kode etik Auditor APIP;

b.       Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan standar audit;

c.       Merumuskan, menetapkan, dan mengembangkan pedoman telaahan sejawat di lingkungan APIP;

d.       Memberi masukan dalam pengembangan metodologi, teknik, dan pendekatan-pendekatan pengawasan intern serta praktik pengawasan intern yang baik di lingkungan APIP dengan mengacu pada praktik Internasional;

e.       Memberi masukan dalam mewujudkan integritas, profesionalisme, dan kesejahteraan Auditor guna mewujudkan peran APIP; dan

f.        Melakukan kerjasama dengan organisasi profesi lain dalam lingkup Nasional dan Internasional.

Guna mendorong tugas dan fungsi tersebut berjalan dengan baik, maka dalam acara ini dilaksanakan penyusunan rencana program kerja AAIPI oleh masing-masing komite. Dilanjutkan oleh pemaparan dan pembahasan rencana program kerja masing-masing komisi oleh ketua komisi, pembahasan rencana telaah sejawat oleh komisi terkait, dan yang terakhir pengesahan rencana program kerja AAIPI wilayah Provinsi Lampung periode 2021-2024.

Berdasarkan Anggaran Dasar Organisasi Profesi Auditor Intern Pemerintah Pasal 11 Ayat (1) Untuk menjaga mutu hasil audit APIP, secara berkala dilaksanakan telaahan sejawat. Di Provinsi Lampung terdapat 16 APIP. Di mana 13 APIP telah berada di Level 3. Hanya tinggal 3 APIP yang belum mencapai Level 3, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Utara, dan Mesuji. Dengan adanya dukungan dari segala pihak termasuk dari anggota AAIPI lainnya, diharapkan mampu membantu 3 APIP tersebut mencapai APIP Level 3 seperti APIP di Provinsi Lampung lainnya.

 Acara rapat pembahasan rencana program kerja AAIPI wilayah Provinsi Lampung periode 2021-2024 dibuka oleh Nirlan, Sekda Kabupaten Lampung Tengah. Anggota AAIPI hadir dalam acara tersebut dan menjalankan rangkaian acara sebagaimana yang telah disusun. Telaah sejawat telah dilaksanakan pada tahun 2018 dan setidaknya setelah tiga tahun kembali dilaksanakan.

Dilihat dari struktur organisasi AAIPI, Kepala Pusbin JFA BPKP menjabat sebagai Direktur Eksekutif. Untuk di Provinsi Lampung, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menjabat sebagai Ketua DPW AAIPI Provinsi Lampung. Sementara Direktur Eksekutif dijabat oleh Inspektur Kota Metro. Didukung oleh 4 komite, yaitu:

1.       Komite Kode Etik;

2.       Komite Standar Audit;

3.       Komite Telaah Sejawat; dan

4.       Komite Pengembangan Profesi.

Kolaborasi antara BPKP Perwakilan Provinsi Lampung dan APIP, serta anggota AAIPI lainnya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan Pembangunan Nasional Indonesia, yaitu untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, maka kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia, termasuk auditor intern pemerintah untuk memberikan kontribusinya sesuai profesi dan keahliannya dalam pembangunan nasional tersebut.

Humas BPKP Lampung