Silahturahmi Antar Intansi Vertikal

Bandar Lampung – Rabu (2/3) Masih terkait acara silaturrahmi antar instansi vertikal yang ada di Provinsi Lampung, bertempat di Library Cafe, kantor Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Lima orang pimpinan dari instansi vertikal selain BPKP yang hadir mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Sebab, selama ini belum pernah ada pertemuan seperti ini, hanya tahu nama dan berkomunikasi melalui sebuah grup di sebuah aplikasi obrolan di ponsel. Sehingga, selain memang instansi tersebut memiliki tugasi dan fungsi yang berhubungan atau sebelumnya sudah memiliki kerja sama yang telah terjadin. Tidak sedikit yang belum saling mengenal wajah antara satu dan yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, acara diawali oleh ngopi bersama dan mengobrol santai, sambil diiringi oleh musik saxophone, yang pemainnya tidak lain adalah auditor di Perwakilan BPKP Provinsi Lampung itu sendiri. Selanjutnya, acara di lanjutkan di dalam Aula Gedung C.

Acara dimulai dengan perkenalan diri Kaper BPKP Lampung Bapak Sumitro, yang memutar video profil diri dan karya tulis berupa 11 buku.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Bapak Rudy Budiman menyampaikan tentang bagaimana peran keluarga yang sangat berpengaruh terhadap isu stunting di Indonesia. Sebab, SDM yang berkualitas sangat dibutuhkan. Jika jumlah penduduk yang ada tidak diimbangi oleh kualitas SDM yang baik, maka kualitas SDM di Indonesia tidak akan bagus. Sehingga, dari keluarga harus sudah bisa membantu menyiapkan SDM dengan kualitas yang baik tersebut.

Tambahnya, hal ini sejalan dengan karya-karya buku yang telah ditelurkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Bapak Sumitro. Termasuk menjadi teladan bagi keluarga yang ada di Indonesia dalam mendidik anak-anaknya. Demi mempersiapkan SDM yang berkualitas.

Kepala OJK Provinsi Lampung Bambang Hermanto juga menyampaikan hal yang serupa. Selain itu, Kepala OJK Provinsi Lampung menyampaikan bahwa OJK tidak hanya melakukan pengawasan, tapi juga melaksanakan edukasi. OJK mengedukasi masyarakat diantaranya tentang keuangan, mengelola keuangan, tips agar tidak terjeblos ke investasi illegal, memberikan edukasi tentang investasi saham dan/atau reksadana dengan mengajak BEI dan praktisi. Sehingga, masyarakat pun bisa teredukasi dengan baik tentang masalah keuangan tersebut.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Bapak Budiyono mengetahui bagaimana cerita Bapak Sumitro dari apa yang pernah disampaikannya, termasuk yang telah ditulis dalam buku-buku karyanya. Bapak Sumitro menyampaikan bahwa kesulitan yang dihadapi di masa lalu jika disikapi positif dan prasangka baik kepada Allah akan menjadikan masa sekarang menjadi sebuah hasil yang baik

Kaper BI Provinsi Lampung sependapat bahwa masa lalu menjadikan kita bercermin di masa depan. Bapak Budiyono tidak pernah membayangkan bahwa jalan dari Kedaton ke Palapa yang pada saat Bapak Budiyono waktu masih SMA bersekolah naik sepeda, sekarang bisa naik mobil. Kolaborasi baik dengan daerah maupun antar instansi vertikal banyak dibutuhkan untuk memperlancar jalannya tupoksi masing-masing instansi.

Dalam acara tersebut, hadir juga Koordinator UPT BMKG Lampung, Bapak Kukuh Ribudiyanto (Kepala Stasiun Meteorologi Radin Inten II Bandar Lampung) yang menyampaikan bagaimana pentingnya edukasi terkait tanggap bencana yang bisa dilakukan kerja sama dengan BPBD Provinsi Lampung. Sebab, korban yang paling banyak adalah yang muncul dari sebuah kepanikan. Bapak Kukuh juga meningatkan untuk memperbanyak mangrove yang ada di Lampung, sebagai salah satu bentuk pencegahan/ mitigasi bencana.

Sementara, Kepala Kanwil DJPB Provinsi Lampung, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI, M. Dody Fachrudin menekankan bahwa hubungan kerja di masa depan mungkin masih belum tahu, tapi antar instansi vertikal bisa melakukan kegiatan yang saling berkaitan. Dan manfaat jauh lebih besar daripada hanya sebuah pertemuan.

Humas BPKP Lampung