Dialog Interaktif RRI, Pengawasan Dan Pembangunan Di Kalimantan Timur Bersama BPKP Kaltim

Samarinda, (25/5/2023) – Bertempat di Studio Pro1 RRI Samarinda, Kepala Perwakilan Hasoloan Manalu, menjadi narasumber dalam dialog interaktif yang disiarkan melalui saluran Pro1 Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda. Dengan mengusung tema “Pengawasan dan Pembangunan di Kalimantan Timur”.

Dialog interaktif yang dipandu Boy Saputra, selain Kepala Perwakilan menghadirkan Achmad Jubaidi sebagai Pengamat Kebijakan Publik, yang bergabung melalui aplikasi zoom meeting.

Kepala Perwakilan menjelaskan mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPKP, BPKP dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001. BPKP merupakan aparat pengawas intern pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Berdasarkan Perpres tersebut, BPKP mempunyai tugas utama menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara atau daerah dan pembangunan nasional.

Selain itu juga Kepala Perwakilan menegaskan BPKP juga menerbitkan Agenda Prioritas Pengawasan (APP), Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD). Untuk di tahun 2023 ini di prioritaskan kepada SDM, Infrastruktur dan Konektifitas, Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, kemudian Pembangunan Ekonomi, Ketahanan Pangan, Ketahanan Energi dan Pemerintahan yang Baik dan Bersih. BPKP juga berperan mengawal pengelolaan dana desa, pengelolaan aset desa, juga membangun aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes) dan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siwaskeudes).

Di akhir dialog interaktif juga diadakan sesi tanya jawab yang sangat antusias terkait pengawasan dan pembangunan di Kalimantan Timur oleh pendengar RRI Samarinda.

 

(Tim Kominfo BPKP Kaltim)