Soft Launching ATKPDes PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online di Kabupaten Kukar

Pada hari Senin dan Selasa Tanggal 20-21 Juni 2022, bertempat di Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara dilaksanakan Soft Launching Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online.  Aplikasi Siskeudes Online sebelum nya telah di implemtasikan pada sebagian desa di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan dari Implementasi Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online adalah untuk mempermudah pembayaran yang dilakukan oleh pemerindah desa dan pembayaran dengan cara cashless serta mendekatkan layanan perbankan khususnya Bankaltimtara kepada masyarakat desa di Provinsi Kalimantan Timur.
 
Pelaksanaan soft launching Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara pada Aplikasi Siskeudes Online dilakukan di desa-desa di Kecamatan Tabang dengan pertimbangan Kecamatan Tabang merupakan kecamatan terjauh yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
Dalam acara tersebut hadir Korwasbid APD Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, Ata Sumirta bersama dengan PFA Bidang APD Iman Santosa,  Pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara yaitu Bapak Paisyal selaku Camat Tabang, Bapak Arianto selaku Kepala Dinas PMD Kab Kukar bersama staf, dan Pejabat dari Bankaltimtara yaitu Ibu Ester, selaku Pimpinan Bidang Layanan Bankaltimtara Cabang Tenggarong, Bapak Boby Danial selaku Pim depart digital banking Bankaltimtara Pusat, Bapak Agus selaku Pimpinan cabang pembantu  Bankaltimtara dan Pak Diky selaku Tim IT Bankaltimtara.
 
Dalam kesempatan tersebut dilakukan sosialisasi sekaligus  mengganti Aplikasi yang sebelumnya masih menggunakan Siskeudes Off line menjadi Siskeudes Online pada desa-desa di Kecamatan Tabang. Setelah Aplikasi Siskeudes Online digunakan untuk transaksi penatausahaan keuangan desa, selanjutnya adalah mengintegrasikan dengan Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara.
 
Ujicoba pembayaran dengan menggunakan Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara telah berhasil dilaksanakan untuk transaksi pembayaran BLT DD. Pembayaran langsung dibayarkan ke Penerima BLT melalui Rekening yang selanjutnya dilakukan pencairan dana oleh penerima BLT DD melalui Agen Bankaltimtara yang diberi nama Agen Lakupandai.
 
Dengan telah berhasilnya pembayaran kepada masyarakat desa melalui Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara dan pencairan nya melalui Agen Lakupandai, untuk selanjutnya diharapkan Aplikasi Siskeudes Online + Aplikasi Transaksi Keuangan Desa ( ATKPDes) PT Bankaltimtara dapat di implementasikan pada seluruh desa di Kabupaten Kutai Kartanegara yang berjumlah 193 Desa dan dapat mengurangi temuan pengawasan mengenai masih banyaknya desa-desa yang mengambil dalam jumlah besar dan tersimpan di brankas kantor desa yang berpotensi hilang atau digunakan tidak sesuai peruntukan.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)