Riak Gelombang Implementasi Good Corporate Governance dan Good Corporate Management PDAM Batiwakkal

Samarinda (04/2) - Penandatanganan MoU Implementasi Good Corporate Governance dan Good Corporate Management PDAM Batiwakkal, Kabupaten Berau. Pada kesempatan tersebut Direktur Utama PDAM Batiwakkal Kabupaten Berau Saipul Rahman, menyampaikan terima kasih untuk kerja sama penguatan tata kelola PDAM melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim.

Saipul Rahman mengemukakan bahwa selama ini telah terjalin kerja sama yang baik antara PDAM Batiwakkal dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim dan berharap kedepannya dapat terjaga baik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim Supriyadi didampingi Korwas Bidang Akuntan Negara Ependy Haro, menyambut baik penandatangan Memorandum of Understanding (MoU). Supriyadi menyampaikan, “Kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim harus memiliki payung hukum tidak hanya dengan PDAM Batiwakkal saja, namun dengan seluruh PDAM di lingkungan Provinsi Kaltim”.

"MoU merupakan hal yang penting,  mengingat MoU merupakan payung hukum bagi kerja sama antar dua instansi. Secara umum untuk memajukan PDAM perlu dilakukan pembenahan baik dari segi tata kelola maupun kinerja. Diharapkan agar perjanjian ini akan ditindak lanjuti oleh Direktur PDAM sebagai sarana dan pintu masuk untuk melakukan pembenahan tata kelola PDAM di lingkungan Provinsi Kaltim, yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang berujung pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang pelayanan air bersih," ucap Supriyadi.

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) di lingkungan PDAM untuk mengatasi kinerja yang tidak optimal atas aspek kesehatan,  cakupan,  NRW,  FCR, Aspek 3K, Opini,  dan SPI . Gambaran umum sistem, struktur dan proses GCG secara umum Tahapan penerapan GCG juga dijelaskan mencakup persiapan (awareness building dan manual building), impelementasi (sosialisasi dan penerapan pedoman) dan evaluasi (pengukuran efektivitas penerapan GCG dan perbaikan dan pengembangan yang berkelanjutan).

Tim Kominfo BPKP Kaltim