Kaper Kaltim Serahkan Laporan Hasil Pengawasan Semester II 2020 ke Gubernur Kaltim

Samarinda (21/1) -  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Supriyadi didampingi Korwas Bidang P3A Hendri Mustar dan Korwas APD Ata Sumirta menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan Semester II Tahun 2020 disertai SPM dari Deputi I (selaku pembina)  Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim kepada Gubernur Provinsi Kaltim Isran Noor.
 
Butir demi butir penyampaian Kepala Perwakilan dibahas dan disikusikan satu persatu, diantaranya  Isran Noor, menyambut baik usulan dari BPKP Kaltim perihal pengelolaan perusahaan daerah berdasarkan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance atau GCG), Pengawalan Akuntabilitas Program Pembangunan Nasional serta Pengembangan di Sektor Pariwisata Provinsi Kaltim.
 
Dalam kesempatan ini pula Supriyadi menjelaskan Result Based-SPIP atau New SPIP adalah penyatuan dari sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP), Manajemen Risiko Indeks (MRI), Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK), serta Kapabilitas APIP.  Gubernur secara spontan juga menanyakan perkembangan implementasi sistem informasi keuangan daerah yang baru. Hal ini dijelaskan secara langsung oleh Supriyadi ditambahkan oleh Ata Sumirta kondisi terkini. Gubernur mendapat gambaran baru akan dinamika yang berkembang terkait hal ini. 
 
Momentum pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak tahun 2020  yang akan dilaksanakan Triwulan I 2021 diusulkan Supriyadi  untuk dapat dijadikan kesempatan memberikan pembekalan kepada seluruh kepala daerah. Pembekalan berkaitan dengan tata kelola pemerintahan sekaligus juga untuk mendorong komitmen kepala daerah akan pentingnya perbaikan tata kelola pemerintahan.
 
Sementara Isran Noor juga menyampaikan mengenai perkembangan pemda-pemda yang berada di Provinsi Kaltim, berbagai hambatan yang dihadapi, serta usaha-usaha yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Gubernur juga mengutarakan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim dalam upaya mengawal pembangunan dan akuntabilitas keuangan daerah di Provinsi Kaltim.
 
 
Tim Kominfo BPKP Kaltim