BPKP Kaltara Hadiri Rakor Tim Pengendalian Inflansi Daerah

TANJUNG SELOR – Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflansi Daerah di Ruang Rapat Benuanta Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (8/9/2022).

Rakor dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Utara, Bustan dan dihadiri oleh Polda Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara, dan Kepala Perangkat Daerah Terkait di Lingkungan Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam Kesempatanya, Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Rusdy Sofyan menyampaikan bahwa BPKP siap mendampingi pemerintah daerah dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban mengenai pengendalian inflansi.

“Kami siap mendampingi dan kami juga sudah mengeluarkan atensi kepada Gubernur, Bupati dan Walikota bahwa daerah harus menyiapkan 2% Dana Transfer Umum (DTU) dalam rangka penanganan dampak inflansi tahun 2022 untuk belanja wajib perlindungan sosial dan BPKP siap membantu pendampingan terhadap hal-hal yang diperlukan,” ujar Rusdy.

Selain itu, Rusdy juga mendorong peningkatan penyerapan Dana Desa karena realisasinya masih rendah.

“Penyerapan Dana Desa perlu ditingkatkan karena dalam salah satu komponen Dana Desa adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebagai bantalan sosial yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat penerima manfaat,” tegas Rusdy.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)